Kesalahan Merawat Rambut yang Dapat Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Beauty Journal06 Agu 2019, 18:35 WIB
Jerawat

ringkasan

  • Menggunakan sampo 2-in-1
  • Memiliki poni rambut
  • Salah dalam urutan mandi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Saat membicarakan tentang bagaimana cara merawat kulit dan mengatasi jerawat membandel, hal pertama yang mungkin terlintas dipikiran kamu mungkin adalah berbagai produk skin care. Namun, apakah kamu pernah berpikir bahwa perawatan rambut juga dapat mengakibatkan breakout pada wajah? Well, it does! Percaya atau tidak, ada beberapa kesalahan merawat rambut yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kesalahan apa sajakah itu?

Memiliki poni

Minyak dan kulit bukanlah kombinasi yang baik. Menurut Dr. Aca Shamban, penulis buku Heal Your Skin, ketika memiliki poni, minyak alami dari rambut sebenarnya dapat mengiritasi kulit kamu dan menyebabkan jerawat. Apalagi area poni juga rentan lebih cepat lepek dan berminyak. Cobalah menjepitnya sesekali agar area dahi kamu tidak terus menerus terpapar minyak dari rambut.

Baca juga: Memiliki Rambut Berponi? Ikuti Tips Berikut agar Poni Tidak Tampak Flat, Yuk!

Menggunakan sampo 2-in-1

Dermatolog Doris J. Day menjelaskan bahwa menggunakan sampo 2-in-1 dapat menjadi penyebab breakout pada wajah. Hal ini disebabkan oleh formula sampo tersebut yang terlalu 'berat' dan dapat menempel pada kulit, sehingga mengakibatkan tersumbatnya pori-pori. Untuk meminimalisir terjadinya breakout akibat sampo jenis ini, pastikan kamu keramas terlebih dahulu sebelum mencuci muka agar air bilasan keramas bisa kamu bersihkan secara menyeluruh.

Baca Juga: Sering Gonta-ganti Sampo tidak Baik untuk Rambut. Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasan dari Ahlinya!

Salah dalam mencuci rambut dan memilih produk perawatan

Sering keramas
Sering keramas/copyright shutterstock

Produk rambut

Tanpa sadar, penggunaan produk rambut, seperti hair spray yang diaplikasikan dengan cara disemprotkan kerap mengenai kulit wajah. Nah, hal ini dapat menyebabkan pori-pori kamu tersumbat. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan segera membersihkan wajah jika produk rambut terasa mengenai kulit wajah kamu.

Periksa kandungan produk

Jika produk rambut yang kamu gunakan selalu menyentuh kulit wajah, sebaiknya perhatikan kandungan yang ada di dalamnya, deh! Menurut Adult-Acne.net, produk yang berbahan air atau gliserin relatif aman jika bersentuhan dengan kulit, namun ada pula beberapa kandungan yang mungkin dapat menyumbat pori atau memicu jerawat bagi beberapa orang seperti coconut oil. Jadi, pastikan untuk memeriksa label kemasan produk, ya.

Baca Juga: 3 Perawatan Kulit dan Rambut Khusus Pria yang Bisa Dilakukan di MEN/O/LOGY by ZAP, Klinik Ketampanan Pertama di Indonesia

Waktu mencuci rambut

Mencuci rambut setiap hari tidak menjadi jaminan rambut bersih dan terhindar dari breakout. Jika ingin menghindari terjadinya breakout akibat rambut, kamu bisa mencuci rambut pada malam hari. Pasalnya, saat tidur kamu tidak bisa mengontrol ke mana rambut akan bergerak. Kalau rambut kotor, bukan tidak mungkin rambut yang kotor itu akan menempel dengan wajah kamu sepanjang tidur, bukan? Jadi, pastikan keadaan rambut sudah bersih sebelum beranjak tidur.

Urutan yang salah saat mandi

Menurut Teen Vogue, urutan yang salah saat mandi berpotensi menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Sebaiknya, cucilah rambut sebelum mencuci seluruh bagian tubuh lainnya. Urutan ini akan memastikan bahwa produk rambut sudah terbilas dengan bersih saat kamu menggunakan sabun mandi dan pembersih wajah. Untuk pemilik rambut panjang, kamu bisa menggunakan shower cap atau kunciran lembut agar rambut yang sudah dikeramasi tidak terkena sabun mandi.

Gaya rambut yang sama setiap hari

Menurut pakar perawatan kulit, Mario Badescu, sama seperti memiliki poni, mengenakan gaya rambut yang sama setiap hari juga bisa membuat wajah breakout. Hal ini disebabkan karena rambut memiliki minyak alami yang jika menyentuh terus menerus di tempat yang sama dapat menimbulkan jerawat.Tidak mencuci rambut setelah berolahraga

Bahkan jika tidak sepenuhnya mandi setelah berolahraga, sebaiknya kamu tetap membilas rambut, ya. Rambut yang basah karena keringat dapat dengan mudah menjadi tempat menempelnya kotoran, dan kalau bersentuhan dengan kulit tentu dapat menjadi penyebab wajah ikut kotor hingga pori-pori tersumbat.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Serum dan Masker untuk Rambut yang Lebih Sehat

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓