Cara Aman Mengatasi dan Menghilangkan Whiteheads

Karla Farhana13 Agu 2019, 15:00 WIB
Skincare

ringkasan

  • Whiteheads merupakan salah satu jenis jerawat yang paling banyak dimiliki orang.
  • Seperti jerawat, memencet whiteheads bisa menimbulkan infeksi dan breakout yang baru.
  • Untuk itu, disarankan untuk menggunakan chemical exfoliator untuk menghilangkan whitehead.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Semua perempuan pasti kesal ketika melihat whitehead yang baru muncul. Rasanya, kamu ingin memencetnya hingga keluar menggunakan kedua jari bahkan kuku. 

Meski ada banyak konsekuensi yang sudah kamu tahu sejak lama, mulai dari luka, breakouts, hingga inflamasi, memencet whitehead masih saja dilakukan. Salah satu tipe jerawat yang disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati di dalam pori-pori ini bahkan justru lebih annoying lagi buat kamu yang kerap mengenakan heavy makeup. 

Dilansir dari Elle Magazine, whiteheads biasanya timbul banyak pada kulit wajah orang yang kerap mengenakan makeup tebal. Tetapi bukan itu saja, kamu yang berolahraga secara rutin juga berisiko memiliki whitehead. 

Kalau tidak boleh dipaksa keluar dengan jari, lantas bagimana cara aman untuk menghilangkannya? Seorang dermatologist Dr. Loretta Ciraldo mengatakan kepada Elle Magazine kalau ada beberapa cara aman yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan whitehead

Chemical Exfoliators

skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Loretta menulis, untuk dapat menghilangkan whitehead di rumah, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung chemical exfoliators. Seperti salicylic acid atau glycolic acid. Keduanya, menurut Loretta termasuk dalam keratinocyte disadhesion yang merupakan bahasa yang digunakan para dermatologists untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang saling menempel. 

Selain itu, kedua bahan ini sangat cepat dan efektif masuk ke dalam pori-pori. Sehingga, whitehead akan lebih mudah lepas dan pori-porimu pun kembali bersih. 

 

Bagaimana Kalau Terlanjur Pencet?

Skincare
Ilustrasi skincare korea/copyright shutterstock

Kalau bisa, menurut Loretta, jangan pernah menyentuh kulit wajah dengan pori-pori yang masih penuh dengan sel-sel kulit mati. Tapi kalau gatel banget ingin pencet, sebaiknya Sahabat Fimela cepat-cepat mencuci wajah. 

Ini dilakukan untuk mencegah timbulnya inflamasi atau risiko-risiko lain yang bisa terjadi pada kulit wajahmu. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓