Tips Mencegah Jerawat Meradang

fitriandiani09 Agu 2019, 15:30 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Perlu kesabaran untuk mengatasi jerawat meradang. Tak cukup hanya skincare, dari kebiasaam sehari-hari dan caramu memperlakukan wajah pun amat perlu diperhatikan.

Penyebab jerawat bisa berasal dari faktor luar seperti debu, keringat, serta kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan yang memungkinkan tertransfernya bakteri ke wajah. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Menyentuh wajah

Mungkin kami gemas atau merasa jerawatmu teramat gatal, tapi jangan coba-coba sekalipun menyentuhnya karena jari-jari tanganmu memiliki banyak bakteri. Sekalipun kamu ingin cuci muka, bersihkan tangan terlebih dahulu dengan sabun.

2. Bertahan dengan sarung bantal kotor

Sarung bantal berpotensi besar menransfer bakteri penyebab jerawat ke wajahmu ketika tidur, apalagi kalau kamu terbiasa tidur miring! Biasakan unuk ganti sarung bantal maksimal dua kali dalam seminggu. Pilih juga sarung bantal yang lembut agar kulit tidak semakin rusak karena gesekan.

3. Makan jorok

Junkfood
Ilustrasi junkfood. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images)

Untuk mencegah jerawat meradang sekaligus membantu proses pemulihan dari dalam, coba atur dietmu. Hindari gula, gorengan, kopi, dan produk olahan susu, lalu perbanyak makan buah dan sayur. Jangan lupa banyak minum air putih!

4. Makeup

Di satu sisi, mungkin kita merasa butuh makeup untuk menutupi jerawat tersebut. Namun percayalah, makeup hanya akam memperparah kondisi kulit. Makeup akan membuat kulit susah bernapas, dan membuat kotoran serta minyak terjebak di pori-pori hingga pada akhirnya menjadi jerawat baru. Selama kamu berjerawat, merawat dan memberi apa yang dibutuhkan kulit agar segera pulih lebih perlu.

Jangan lupa double cleansing setiap malam agar wajah bersih maksimal sebelum tidur, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓