Heboh Razia Skincare di Sekolah, Perlu atau Tidak?

Vinsensia Dianawanti13 Agu 2019, 17:00 WIB
Anak Masuk Sekolah

ringkasan

  • Sebuah sekolah mengadakan razia skincare yang dilakukan oleh anggota OSIS
  • Meski banyak yang menyalahkan tindakan OSIS sekolah tersebut, ternyata menurut dokter kulit, tidak perlu seorang siswa membawa skincare ke sekolah
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan razia skincare yang dilakukan di sebuah sekolah oleh anggota OSIS. Hasilnya, banyak produk skincare yang disita. Seperti pelembap, facial wash, sunscreen, hingga lipbalm.

Warganet pun memberikan respon atas kejadian ini. Banyak yang mempertanyakan dan menyalahkan tindakan OSIS sekolah tersebut yang melakukan razia skincare.

 

Menurut warganet, skincare tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar. Siswapun dirasa perlu untuk menggunakan skincare terutama sunscreen ketika di sekolah. Namun benarkah demikian?

Ditemui di sebuah acara, dr. Citra Sudarmono yang merupakan dokter kecantikan menuturkan bahwa sebenarnya tidak perlu siswa membawa skincare ke sekolah.

"Sekolah kan tempatnya belajar, kalau bawa sunscreen buat apa. Sekolah kan biar anak fokus. Lagian kalau pakai sunblock ya di rumah. Di sekolah ya belajar," jelas dr. Citra Sudarmono.

 

Harus diaplikasikan dalam kondisi tangan yang steril

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Kulit siswa SMA cenderung masih bagus. Kalau menggunakan skincare untuk penanganan jerawat harus dengan tangan yang steril. Sementara ketika diaplikasikan di sekolah, belum tentu tangan siswa dalam keadaan yang bersih.

Penggunaan skincare untuk siswa SMA cukup dilakukan di rumah. Ketika sebelum pergi dan sesudah pulang sekolah. Hal ini untuk memastikan air yang digunakan untuk mencuci tangan bersih. Sementara di sekolah belum tentu kualitas airnya bersih.

"Saya rasa pakai di rumah sudah cukup. Saya juga ada beberapa pasien acne pun tidak bawa (skincare) ke sekolah. Karena pada saat diaplikasikan kan tangannya penuh debu dan kotoran, jadi tidak disarankan. Apalagi kalau di sekolah airnya biasanya bau besi gitu," tambah dr. Citra Sudarmono.

 

Hanya bawa lipbalm

Shea butter bisa jadi pilihan lipbalm alami
Kandungan shea butter membuatnya bisa jadi lipbalm alami yang ampuh atasi bibir kering. (Foto: pixabay.com)

Satu-satunya produk skincare yang sepatutnya dibawa oleh siswa SMA ke sekolah hanyalah lipbalm. Di cuaca yang tropis seperti di Indonesia, bibir menjadi salah satu fitur wajah yang begitu rentan terhadap kekeringan. Sehingga produk seperti lipbalm memang dibutuhkan.

Sementara, soal kegiatan razia skincare sebenarnya kembali lagi kepada kebijakan yang diberlakukan di sekolah. Karena pada dasarnya, siswa SMA memang tidak perlu membawa skincare yang berlebihan ke sekolah.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓