Lakukan Tes DNA Sebelum Memilih Produk Kecantikan, Mitos atau Fakta?

Wuri Anggarini15 Agu 2019, 00:00 WIB
Lakukan Tes DNA Sebelum Memilih Produk Kecantikan, Mitos atau Fakta?

Fimela.com, Jakarta Memilih produk kecantikan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit ternyata bukan pekerjaan mudah, Sahabat Fimela. Kamu tentunya pernah merasakan sendiri dong bagaimana susahnya saat mau menentukan mana skincare atau makeup apa yang akan digunakan? Fase trial and error seperti itu umumnya disebut dengan Consumer Pain Points dan biasanya bakal berdampak pada hilangnya waktu (time spent) serta biaya.

Mengetahui Kategori dan Jenis Kulit

Lakukan Tes DNA Sebelum Memilih Produk Kecantikan, Mitos atau Fakta?
©Shutterstock

Tahapnya begini, pertama Sahabat Fimela dianjurkan terlebih dahulu mengidentifikasi dan memahami betul jenis kulit masing-masing. Mengenai hal ini, seorang peneliti dan ahli kecantikan dari Amerika bernama dr. Leslie Baumann bilang kalau sebenarnya jenis kulit kamu terbagi dalam 4 kategori, yaitu level sebum, sensitivitas, pigmentasi, dan elastisitas. Nantinya akan didapatkan 16 jenis kondisi kulit yang berbeda.

Kemudian ternyata ada faktor lain di luar jenis kulit yang juga penting banget buat diperhatikan dalam memilih perawatan yang tepat. Misalnya saja, apakah bahan-bahan aktif yang terkandung produk tersebut memang dibutuhkan oleh kulit atau jika dipakai dalam waktu yang lama apakah bakal memunculkan efek samping?

Apa Sih Peran Tes DNA?

Lakukan Tes DNA Sebelum Memilih Produk Kecantikan, Mitos atau Fakta?
©Shutterstock

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, yuk ketahui dulu tentang DNA! Pada dasarnya, DNA itu asam nukleat yang fungsinya menyimpan segala informasi tentang genetika. Nah sedangkan tes DNA sendiri adalah prosedur yang dipakai untuk mencari tahu secara akurat beragam info tentang genetik tubuh. Misalnya saja potensi, risiko, sampai kebutuhan setiap individu yang punya kaitan dengan banyak hal seperti kebutuhan suplemen, nutrisi, intensitas olahraga yang sesuai, hingga perawatan kulit yang tepat.

Menengok fungsi di atas, sudah jelas kalau tes DNA juga berfungsi penting buat mengetahui kondisi kulit kamu. Bagian tubuh yang satu ini punya peran vital sebagai lapisan pelindung yang bekerja setiap waktu dan paling rentan terpapar matahari dan polusi. Di sinilah pentingnya pengecekan DNA, untuk memberikan info yang akurat tentang kualitas kolagen, pigmentasi kulit, elastisitas kulit, dan lain sebagainya. Sekadar info nih Sahabat Fimela, tes DNA ternyata sudah umum lho dilakukan di negara-negara maju!

Tengok Hasil Survey JakPat, Deh!

Menengok DNA yang telah menjadi subjek global pakar kesehatan agar para konsumen bisa makin paham kondisi kulit mereka, sebuah platform online survey bernama Jakpat baru saja melakukan riset terbaru.

“JakPat mengadakan survei pada tanggal 5 – 10 Juli 2019 terhadap 537 responden, mengenai pemahaman responden akan kondisi kulit mereka dan pendapat mereka akan manfaat teknologi pada konteks perawatan kulit,” jelas Aska Primardi, Head of Research Jakpat.

Hasilnya cukup mengejutkan Sahabat Fimela, di mana dalam konteks penggunaan produk perawatan wajah, ternyata hanya 15% responden mengatakan jika produk yang digunakan sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Sisanya, masih banyak yang menderita berbagai masalah kulit mengganggu kayak jerawat, iritasi, kulit kering, berminyak, dan lain-lain. Selain itu meski telah menggunakan beberapa produk perawatan, sebanyak 30% juga belum puas dengan kondisi kulit mereka sekarang ini.

Lakukan Tes DNA Sebelum Memilih Produk Kecantikan, Mitos atau Fakta?
©Shutterstock

Faktanya, dalam konteks menemukan produk perawatan yang tepat, sebesar 50% responden setuju buat memeriksakan kondisi kulit ke dokter atau dermatolog. Sedangkan untuk konteks skin DNA treatment, 85% responden cenderung percaya akan hasil tes DNA kulit dan 90% responden berminat untuk mencoba perawatan kulit menggunakan teknologi tinggi (hi-tech).

Tak bisa dipungkiri kalau secara global tes DNA sudah banyak banget menghadirkan manfaat bagi wanita yang ingin lebih memahami kondisi kulit mereka. Lebih jauh, tes DNA juga bakal meminimalisir Consumer Pain Points kamu Sahabat Fimela karena tes DNA merupakan solusi terbaik untuk tahu betul kondisi dan kebutuhan kulit cantikmu.

Ingin tahu lebih jauh tentang teknologi DNA, Sahabat Fimela? Nah, dalam waktu dekat test ini akan tersedia di Indonesia dan Anda berkesempatan menjadi salah satu dari 100 orang yg dapat mencoba fitur ini lebih dulu dibanding yg lain. Penjelasan lebih lanjut cek www.smartskinsolution.com!