Kandungan Perawatan Wajah yang Dibutuhkan Kulit pada Pagi dan Malam

Beauty Journal14 Agu 2019, 18:35 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Terkadang, karena tertarik dengan harga diskon atau rasa penasaran akan keampuhan suatu produk skincare, tak sedikit orang yang kerap membeli tanpa berpikir, "Apakah sebenarnya kulit saya membutuhkan produk ini?"Hingga pada akhirnya ada kemungkinan kamu membeli skin care yang memiliki kandungan sama dan sudah dimiliki di rumah. Nah, daripada terus membeli skincare yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan kulit, sebaiknya kamu ketahui lebih jauh mengenai kandungan apa saja yang dibutuhkan kulit, terutama untuk perawatan pada pagi dan malam hari.

Perawatan kulit pada pagi hari

Rutinitas perawatan kulit pagi umumnya berfokus pada perlindungan. Tujuannya sudah jelas, yaitu untuk melindungi kulit dari sederet aktivitas baik dari paparan polusi hingga sinar UV yang dapat mengakibatkan penuaan dini. Maka dari itu, sunscreen jadi produk yang penting. Ketika menentukan SPF sebuah sunscreen, para peneliti mengoleskannya pada kulit yang bersih tanpa dilapisi kembali oleh produk lain. Bagi Michelle dari LabMuffin, apapun yang kamu oleskan pada kulit sebelum sunscreen, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk menyebar. Itu sebabnya, ia hanya menggunakan pembersih dan sunscreen di pagi hari.

"Saya biasanya menambahkan serum CEF (vitamin C + vitamin E + asam ferulic) karena kombo ini terbukti meningkatkan efektivitas sunscreen kamu," ungkapnya.

Jika jenis kulit kering, dehidrasi, atau cenderung berjerawat, kamu mungkin ingin menambahkan asam hialuronat atau kandungan lain yang memang dibutuhkan kulit. kamu bisa saja menghapus toner, essence, dan lapisan lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan kulit di pagi hari, karena ini bukan tentang menggunakan semua kandungan produk, tetapi lebih kepada memberi apa yang dibutuhkan kulit. Kuncinya adalah menjaga rutinitas perawatan kulit pagi kamu sesingkat mungkin.

Baca Juga: Beragam Masalah Kulit yang Biasanya Muncul Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Perawatan kulit pada malam hari

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Berbeda dengan pagi hari, rutinitas perawatan kulit di malam hari berfokus pada perbaikan. Meskipun sudah menggunakan sunscreen pada pagi hari, tetapi kulit tetap akan mengalami kerusakan seperti menumpuknya kotoran, debu maupun sisa produk makeup yang dikenakan pada pagi hari. Untuk memperbaikinya, rutinitas perawatan kulit pada malam hari merupakan kesempatan sempurna. Kandungan seperti retinol, retinoid dan exfoliating acids dapat membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri dan meningkatkan produksi kolagen. Jika masih bingung dan menentukan rutinitas perawatan kulit pada malam hari, kamu bisa menyonteknya dari tips berikut ini:

Double cleansing: Jika kamu menggunakan makeup, gunakan pembersih berbasis minyak untuk menghapus riasan dari wajah. Kemudian, hilangkan residu minyak tersebut dengan menggunakan pembersih berbasis air untuk membilasnya.

Retinol: Jika kamu berusia 25 tahun ke atas, gunakan produk yang mengandung retinol untuk meningkatkan produksi kolagen dan melawan kerutan.

Asam glikolat: Pada malam hari yang tidak menggunakan retinol, gunakan produk yang mengandung asam glikolat sebagai exfoliating untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Pelembap: Akhiri perawatan kulit malam kamu dengan pelembap. Pelembap yang baik sarat akan antioksidan dan kandungan penenang yang membantu menghilangkan radikal bebas matahari dan polusi pada kulit.

Baca Juga: 5 Kesalahan Skin Care yang Membuat Jerawat Makin Parah

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓