Pemilik Kulit Sensitif, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Melakukan Perawatan Wajah

Meita Fajriana21 Agu 2019, 06:30 WIB
Kulit sensitif

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit sensitif membuatmu harus merawatnya dengan lebih ekstra hati-hati. Karena tidak semua produk kecantikan dan cara dalam merawat wajah bisa diaplikasikan pada kulit yang sensitif. Butuh perawatan khusus dan berbeda.

Untuk itu penting bagi kamu mengetahui jenis kulitmu dan hal apa saja yang harus dihindari saat merawat wajah. Hal ini agar tidak semakin memperburuk keadaan kulit. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika kamu memiliki kulit sensitif.

Lantas apa saja hal yang harus diperhatikan oleh si pemilik kulit sensitif saat merawat wajah? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari situs Boldsky, Jumat (16/8).

1. Gunakan air hangat atau dingin

Mencuci wajah dan mandi dengan air terlalu panas dapat berakibat buruk pada kulit sensitif. Meskipun air panas dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan, tentu kamu tidak ingin kulitmu iritasi bukan? Gunakanlah air hangat atau air dingin saat mencuci wajah dan mandi agar lebih aman.

2. Jangan berlebihan dalam eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin adalah perawatan yang penting dan baik untuk kulit. Namun jika melakukannya secara berlebihan dan terlalu kencang dalam menekan permukaan kulit, tentunya akan berdampak buruk pada kulit sensitif. Jadi, cobalah untuk melakukan eksfoliasi secara lembut dalam rentang waktu dua hari sekali agar hasilnya lebih baik.

Jaga kelembapan kulit

Kulit sensitif
Ilustrasi kulit sensitif ©Shutterstock

3. Jaga kelembapan kulit

Kulit kering adalah salah satu penyebab utama munculnya iritasi. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, cobalah untuk tetap menjaga kelembapan kulit dengan memakai pelembap. Hati-hati saat memilih pelembap, cobalah yang berbahan alami agar tidak menimbulkan reaksi pada kulit.

Bahan-bahan seperti lidah buaya, minyak jojoba, dan minyak kelapa adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai pelembap. Jangan lupa juga untuk memberikan pelembap pada tangan. Tangan digunakan untuk banyak hal sehari-hari, sehingga penting untuk menjaganya tetap lembap.

 

Jangan lewatkan tabir surya

Kulit sensitif
Ilustrasi kulit sensitif/copyright shutterstock

4. Jangan lewatkan tabir surya

Sinar UV memiliki dampak yang lebih berbahaya bagi kamu pemilik kulit sensitif. Untuk itu, jangan sekali-kali melewatkannya. Aplikasikan tabir surya setiap kali akan ke luar ruangan tertutup, untuk menjaga kulit dari bahaya sinar UV.

Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih. Pastikan juga kamu memilih tabir surya dengan kandungan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kulit sensitif. Hindari juga tabir surya dengan kandungan parfum karena bisa menimbulkan iritasi.

Aplikasikan tabir surya pada wajah, betis, kaki, tangan, dan semua bagian tubuh yang memungkinkan untuk terpapar sinar matahari. Meski langit terlihat mendung, tetaplah gunakan tabir surya saat keluar rumah untuk perlindungan kulit sensitif.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓