Tips Memanfaatkan Kaus Menjadi Alternatif Mengeringkan Rambut

Beauty Journal15 Agu 2019, 11:35 WIB
Rambut

ringkasan

  • Pilih bahan kaus yang tepat
  • Perawatan rambut yang tepat dan sesuai
  • Posisikan rambut untuk dibalut kaus
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mengeringkan rambut menggunakan handuk mungkin telah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Siapa sangka kalau ternyata kebiasaan ini dapat berdampak pada kesehatan rambut? Dilansir dari Makeup, penata rambut Isabella Vázquez menjelaskan bahwa dalam kondisi basah, rambut akan menjadi lebih rapuh. Jika menggunakan handuk untuk mengeringkannya, permukaan kasar handuk dapat merusak kutikula rambut. Ditambah lagi, handuk dapat menyerap 'seluruh' kelembaan rambut, ketika kamu hanya ingin meyerap kelebihan air saja. Saat kelembapan alami rambut ikut terserap, rambut kamu pun akan menjadi kasar.

Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk menggunakan kaus, karena kaus dapat menyerap air berlebih tanpa 'mencuri' kelembapan alami rambut berkat teksturnya yang rata dan dapat membungkus rambut dengan baik. Hmm... Jadi, bagaimana ya cara mengeringkan rambut menggunakan kaus? Yuk, lihat tipsnya!

Baca Juga: Sering Kehabisan Waktu untuk Mengeringkan Rambut? Berikut Tips agar Rambut Cepat Kering Tanpa Haidryer

Tips Lainnya

Rambut rapuh rontok
Rambut rapuh rontok (Foto: shutterstock.com By Auy Surasit)

Pilih bahan kaus yang tepat

Ingat, tidak semua jenis kaus dapat menyerap air dengan baik. Setelah mencuci rambut, pilihlah kaus dengan bahan katun lembut yang dapat menyerap air berlebih pada rambut secara maksimal. Psst.. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan kaus berukurang besar. Tentunya, jangan pilih kaus yang akan kamu kenakan dalam waktu dekat ya, Sahabat Fimela!

Posisikan rambut untuk dibalut kaus

Pertama, kamu bisa menyerap kelebihan air pada rambut dengan memijat kaus pada batang dan ujung rambut. Gelung rambut secara longgar dan bungkus dengan kaus. Nah, untuk membungkus rambut dengan kaus, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari membungkusnya langsung bak menggunakan handuk, atau bisa juga kamu memposisikan kaus selayaknya akan dilepas setelah dikenakan, dengan kerah kaus berada pada garis rambut kamu, baru digelung.

Baca Juga: Selain Kondisioner, Ini Beberapa Produk Hair Care yang Dapat Memberikan Perawatan Ekstra pada Rambut

 

Beri perawatan tambahan

Rambut
Ilustrasi Perawatan Rambut/copyright shutterstock

Untuk hasil yang maksimal, Sahabat Fimela juga bisa menggunakan leave-in conditioner, hair tonic, hair serum, atau produk perawatan rambut lainnya sebelum membungkus rambut dengan kaus, lho! Hal ini juga akan membantu memastikan rambut kamu lembap, berkilau, dan lembut saat kering. Terakhir, kamu tinggal mendiamkannya selama 10-15 menit lalu lanjutkan tata rambut seperti biasa.

Jika kamu suka menata rambut setelah mandi, gunakan mousse atau krim penata rambut sebelum mengeringkan rambut. Sementara itu, untuk memberi nutrisi, gunakan serum yang dapat melembutkan rambut setelah membungkusnya menggunakan kaus. Saat sudah mengering, kamu dapat merasakan betapa halusnya rambut.

Alternatif kaus

Selain menggunakan kaus, masih ada alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan, yakni handuk microfiber. Handuk microfiber dapat mengeringkan rambut tanpa membuatnya kusut dan menyerap air dengan efektif. Plus, jika kamu memiliki rambut keriting, penggunaan handuk microfiber juga akan membantu menjaga ikal natural rambutmu.

Baca Juga: Sering Gonta-ganti Sampo tidak Baik untuk Rambut. Mitos atau Fakta? Berikut Penjelasan dari Ahlinya!

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓