Mengenal Kola Nut, Bahan Alami dengan Kandungan Kafein sebagai Anti-Aging

Beauty Journal19 Agu 2019, 18:35 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Kafein adalah salah satu bahan aktif yang banyak digunakan dalam dunia kecantikan karena mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit. Sebagian besar darimu mungkin masih menyangka bahwa kafein hanya berasal dari kopi, teh atau buah cokelat saja. Padahal ada bahan alami lainnya yang juga mengandung kafein, seperti biji bunga matahari, yerba maté, dan juga kola nut. Nah, apakah kamu mengetahui tentang Kola Nut? Salah satu bahan alami yang kabarnya memiliki kandungan kafein ini ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kulit, lho. Yuk, kenal lebih dekat dengan bahan alami yang satu ini!

Apa itu Kola Nut?

Kola Nut atau yang dikenal memiliki nama ilmiah Cola Acuminata, adalah biji yang dihasilkan oleh tanaman pohon Kola. Tanaman yang masih tergolong dalam kopi dan kakao ini umumnya tumbuh dan berkembang di daerah beriklim tropis yang banyak ditemukan di benua Afrika khususnya di bagian barat dan juga di daerah yang bersuhu lembap seperti Srilanka. Seperti namanya, biji tanaman ini adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat minuman bersoda yang paling laris dipasaran, yaitu Coca Cola.

Biji kola sudah digunakan dan dimanfaatkan sejak lama dalam dunia pengobatan, karena bisa membantu melancarkan pencernaan, meredakan demam, sakit kepala dan juga migrain. Ketika dimakan atau dikunyah, kola nut akan mengeluarkan rasa pahit dan kemudian akan memunculkan rasa manis alami sama halnya seperti biji kopi. Manfaat kesehatan yang diberikan oleh biji kola berasal dari beberapa kandungan aktif di dalamnya seperti kafein, theobromine, tannins, phlobaphene dan anthocyanin yang dapat bekerja sebagai digestive tonic, diuretic, astringent hingga antidepresan.

Baca Juga: 5 Efek Samping dari Kebiasaan Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Manfaat kola nut untuk kulit

kola nut
Manfaat kola nut untuk kulit/copyright shutterstock

Kola nut extract, yang dihasilkan dari minyak biji kola mengandung polifenol yang dapat bekerja sebagai antioksidan untuk kulit, sehingga dapat membantu menjaga kondisi kulit dari polusi, radikal bebas, dan juga paparan sinar UV yang dapat merusak kulit. Tak hanya polifenol, kola nut juga mengandung kadar kafein yang sangat tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang terkadung di dalam kopi atau teh. Sebagai bahan alami yang telah digunakan secara turun-temurun, ekstrak biji kola sudah banyak dibuktikan khasiatnya untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan dini serta kerutan, garis halus, flek hitam, maupun stretch mark berkat kandungan kafein sebanyak 2,5% di dalamnya.

Efek samping Kola Nut

Kola Nut
Efek samping mengonsumsi kola nut/copyright shutterstock

Sama seperti bahan alami lainnya, mungkin ada beberapa orang yang akan mengalami efek samping setelah menggunakan kosmetik atau skin care dengan kandungan kola nut di dalamnya. Hal tersebut muncul biasanya karena adanya reaksi alergi akibat ketidakcocokan dengan bahan aktif yang terdapat di dalam kola nut. Efek samping yang biasanya muncul bila seseorang mengalami alergi terhadap kola nut adalah kulit kemerahan atau gatal-gatal. Untuk menghindari dan mengurangi efek buruk yang bisa dialami, sangat penting untuk mengetahui dosis maupun kadar yang tepat dalam pemakaian kandungan kola nut. Karenanya, bila mengalami efek samping akibat penggunaan produk kecantikan berkandungan kola nut, kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang efeknya pada kulit kamu.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Kecantikan dengan Kandungan Kafein untuk Atasi Berbagai Masalah Kulit

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓