Menjalani Skincare Routine untuk Menyamarkan Bekas Luka

Beauty Journal27 Agu 2019, 18:35 WIB
Skinca

Fimela.com, Jakarta Kalau membahas soal permasalahan kulit, mungkin keluhan yang paling sering terdengar adalah jerawat dan bekasnya, kulit kusam, atau kulit kering. Namun, di samping keluhan-keluhan tersebut, masih ada permasalahan kulit lainnya yang tidak kalah mengganggu, yaitu bekas luka. Pasti banyak dari kamu yang pernah atau masih mengalami masalah ini, bukan? Ingin tahu bagaimana cara mengatasinya? Yuk, intip di sini!

Skin care routine untuk atasi bekas luka

Untuk mengatasi masalah bekas luka, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Mulai dari menggunakan produk yang memang diformulasikan untuk atasi bekas luka, kandungan alami, hingga perawatan dokter. Apabila keluhan masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit kering dapat diatasi dengan rutinitas skin care, kira-kira hal ini bisa membantu masalah bekas luka juga nggak, ya?

Dilansir dari BeautyTap, Miranda Rico membagikan pengalamannya merawat bekas luka dengan menjalani skin care routine untuk bekas lukanya. Yup, skin care routine sebagaimana merawat kulit wajah setiap harinya! Setelah menjalani operasi pada bagian perutnya yang diyakini operasi dengan bekas luka paling sulit dihilangkan, Miranda tahu bahwa diperlukan perawatan ekstra untuk lukanya sembuh dengan bersih.

Tahapan skincare routine

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Miranda pun memutuskan untuk menjalani skincare routine pada bekas lukanya. Tenang saja, skincare-nya tidak sampai 10 tahap, kok, melainkan hanya 3 tahap saja:

1. Cleansing Oil

Apabila bekas lukamu tergolong masih baru, mungkin sebelumnya kamu kerap mengaplikasikan obat atau perban di atasnya. Nah, cleansing oil akan membantu mengangkat dan membersihkan residu produk apapun yang sebelumnya kamu aplikasikan. Walaupun luka kamu tak lagi baru, jika luka berada di area yang terpapar kotoran dan polusi, tahap oil cleansing dapat membantu memastikan area lukamu benar-benar bersih.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tahap ini, kamu juga bisa memilih minyak yang juga memiliki khasiat untuk penyembuhan kulit seperti Bio Oil atau L'Occitane Almond Supple Skin Oil. Lakukan tahap oil cleansing sebelum kamu mandi, sehingga kotoran dan residu minyak dapat terangkat hingga bersih.

2. Moisturizer

Kalau masih beripkir bahwa penggunaan moisturizer atau pelembap hanya sekadar untuk memberikan hidrasi pada kulit saja, maka kamu keliru. Penggunaan moisturizer akan memastikan kulit lembap, nah, dalam kondisi lembap kulit dapat bekerja lebih maksimal untuk memulihkan dirinya, termasuk untuk memulihkan luka dan bekas luka! Jika bekas luka kamu masih baru, menjaga area bekas luka tetap lembap akan membantu memperkecil area luka tersebut.

Nah, kamu pun bisa memaksimalkan tahap skin care ini untuk menghilangkan bekas luka dengan memilih pelembap yang dapat membantu menghilangkan bekas luka. kamu bisa mencoba body lotion yang kaya akan vitamin E atau shea butter, bahkan moisturizer wajah yang sudah tak kamu gunakan lagi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Body Lotion dengan Kandungan Vitamin E untuk Merawat dan Melembapkan Kulit

3. Sunscreen

Skincare
Ilustrasi skincare korea/copyright shutterstock

Khusus untukmu yang memiliki bekas luka di area yang terpapar sinar matahari, seperti di leher, tangan, atau betis, penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan jika kamu tidak ingin bekas luka menggelap. Menggunakan sunscreen memang tidak akan mencerahkan bekas luka, namun kandungan SPF di dalamnya akan melindungi kulit dari sinar UV, sehingga tidak terjadi pigmentasi yang membuat bekas luka makin gelap. Sama seperti kulit wajah, usahakan untuk rutin mengaplikasikan sunscreen agar kamu mendapat perlindungan yang maksimal.

Lihat juga: 10 Rekomendasi Sunscreen yang Bisa Dicoba | A-Beauty

Selain ketiga langkah dasar skin care routine untuk bekas luka di atas, tak ada salahnya jika kamu turut memberikan perawatan ekstra pada area bekas luka dengan rutin mengeksfoliasinya, menggunakan body oil, dan masih banyak lagi. Sedikit tips, jika kamu memiliki sisa essence dari sheet mask atau terlalu banyak mengambil produk skin care, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada area bekas luka, lho!

Lihat juga: 5 Sheet Mask Hacks untuk Membuat Fungsi Sheet Mask jadi Lebih Maksimal

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓