Pentingnya Tes DNA Sebelum Melakukan Perawatan Kecantikan Kulit

Meita Fajriana22 Agu 2019, 07:00 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Industri kecantikan di tanah air berkembang sangat pesat. Tren dan produk perawatan terus berputar seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial. Pilihan dan ketersediaan produk perawatan saat ini lebih tinggi dari kebutuhan konsumen itu sendiri.

Banyaknya pilihan produk perawatan lewat media sosial merupakan sebuah kemudahan penyampaian informasi yang justru bisa menimbulkan kebingungan pengguna, atau bahkan menyebabkan masalah kulit.         

Untuk menemukan produk perawatan kecantikan yang tepat, dibutuhkan banyak uji coba yang berdampak terhadap terbuangnya waktu. Hal ini tentu menyulitkan, karena memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit, bukan perkara mudah. 

Pertama, yang harus terlebih dahulu dilakukan yaitu mengidentifikasi jenis kulit. Menurut dr. Leslie Baumann, seorang peneliti dan ahli kecantikan dari Amerika, jenis kulit sesungguhnya dibagi berdasarkan 4 kategori dasar, yaitu level sebum, sensitifitas, pigmentasi, dan elastisitas. Dari 4 kategori dasar inilah, kamu akan mendapatkan 16 jenis kondisi kulit yang berbeda. 

Kedua, dalam memilih perawatan yang tepat, ada banyak faktor lain di luar jenis kulit yang harus dipertimbangkan. Seperti kebutuhan spesifik kulit, bahan aktif kandungan dalam produk perawatan, hingga kecocokan dengan jenis kulit masing-masing individu

.

Tes DNA untuk perawatan kecantikan kulit

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan. (Foto: Jacob Postuma/ Unsplash)

DNA merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengungkapkan secara akurat, informasi mengenai genetik dalam tubuh seperti potensi, risiko, dan kebutuhan unik setiap individu. DNA berkaitan dengan banyak hal seperti kebutuhan suplemen dan nutrisi, intensitas olahraga yang sesuai, hingga perawatan kulit yang tepat. 

Sebagai organ tubuh paling luar, kulit merupakan lapisan pelindung yang bekerja setiap hari dan paling rentan terpapar oleh faktor eksternal seperti matahari dan polusi. Pengecekan DNA kulit bisa memberikan informasi yang akurat mengenai kualitas kolagen, elastisitas kulit, hingga pigmentasi kulit.        

 

Manfaat tes DNA untuk menentukan permasalahan kulit

Kecantikan
Ilustrasi Kecantikan. (Photo by Ayo Ogunseinde on Unsplash)

Hasil riset yang diadakan JakPat, platform online survei, menunjukkan pentingnya tes DNA kulit. Dalam konteks menemukan produk perawatan yang tepat, 50% responden setuju untuk memeriksakan kondisi kulit mereka dan secara umum memilih untuk pergi ke dokter kulit atau dermatolog.   

Teknologi tes DNA secara global telah memberikan manfaat bagi individu yang ingin memahami kondisi kulit dengan mudah. Untuk meminimalisir kurang maksimal hasil kerja skincare pada wajah, teknologi tes DNA bisa menjadi solusi terbaik karena dapat menjelaskan kondisi dan kebutuhan spesifik kulit yang sesuai.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓