Cari Tahu Jenis Sunscreen yang Aman untuk Ibu Hamil

Karla Farhana22 Agu 2019, 07:30 WIB
[fimela] Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil memag harus selalu berhati-hati. Mulai dari memilih aktivitas, makanan, hingga skincare yang digunakan. Meski hamil, perawatan kecantikan wajah dan kulit memang tidak boleh dilupakan, kan? 

Tabir surya atau sunscreen menjadi salah satu skincare yang paling penting. Namun, mengingat Sahat Fimela sedang mengandung, memilih skincare juga tidak boleh sembarangan. 

Pasalnya jika tidak hati-hati, kandungan di dalamnya bisa membahayakan janin. Karena itu, kamu perlu tahu sunscreen mana yang bisa digunakan dan aman untuk ibu hamil

Mineral atau Chemical?

6 Kesalahan Sepele Penggunaan Sunscreen
Ilustrasi penggunaan sunscreen. (dok. Shutterstock/Novi Thedora)

Ada dua jenis sunscreen yang kamu temui di berbagai toko. chemical dan physical yang juga disebut mineral blocker. Tabir surya dengan bahan kimiawi mengandung senyawa berbasis karbon seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobenzone. 

Dilansir dari Women's Health Magazine, senyawa ini menciptakan reaksi kimia dan bekerja dengan cara mengubah sinar UV menjadi panas dan mengeluarkannya dari kulitmu. 

Sementara, tabir surya jenis mineral mengandung active mineral seperti titanium dioxide atau zinc oxide, yang bekerja sebagai tameng untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari. Nah, jenis tabir surya mineral dinilai jauh lebih aman untuk ibu hamil karena tidak ada bahan-bahan kimia yang membahayakan untuk ibu dan janin. 

Bahaya Tabir Surya Kimiawi Bagi Janin

6 Kesalahan Sepele Penggunaan Sunscreen
Ilustrasi penggunaan sunscreen. (dok. pixabay/Novi Thedora)

Hampir semua bahan kimia berisiko untuk kesehatan janin. Terutama Oxybenzone yang kerap kali terkandung di dalam sunsreen berbahan kimia. Pasalnya, zat ini bisa menyerap ke dalam pembuluh darah yang juga akan memengaruhi kesehatan janinmu. 

Ahli bedah dermatologist Dendy Engelman, MD mengatakan kepada Women's Health Magazine kalau janin yang terkena bahan kimia ini berisiko berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit jantung koroner, dan lainnya. Jadi, hati-hati ketika memilih tabir surya selama mengandung, ya!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓