Penjelasan Ahli Keamanan Mengatasi Jerawat dengan Pasta Gigi

Beauty Journal21 Agu 2019, 11:05 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat masih menjadi salah satu permasalahan utama yang dialami oleh sebagian besar orang. Munculnya jerawat, apalagi yang masih meradang, seringkali menjadi momok yang mengganggu penampilan dan juga memunculkan rasa sakit. Saat jerawat sedang muncul, setiap orang mungkin memiliki produk spot treatment atau ‘resep’ andalan yang biasanya ampuh digunakan untuk mengatasinya dengan cepat. Salah satu cara yang masih banyak dipercaya secara turun-temurun adalah mengatasi jerawat yang meradang adalah dengan pasta gigi. Namun, apakah cara ini benar-benar ampuh dan aman? Yuk, simak dulu penjelasan berikut ini!

Perawatan terhadap jerawat tidak boleh sembarangan

Bila jerawat muncul saat berencana menghadiri acara penting, kepanikan mungkin akan menghantui karena masalah ini bisa mengurangi penampilan. Selain itu kehadiran jerawat yang tiba-tiba tak jarang membuat riasan yang telah diaplikasikan menjadi tidak maksimal, belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan saat jerawat tesentuh. Karena alasan tersebut, biasanya banyak orang menginginkan hasil instans aat harus menyembuhkan jerawat di wajah. Namun tetap perhatikan aturan dan pilih cara penyembuhan yang tepat, ya. Alih-alih mereda, perawatan yang salah terhadap jerawat bisa membuatnya semakin parah hingga meninggalkan bekas.

Kebiasaan yang sudah dilakukan secara turun-temurun dalam mengatasi jerawat biasanya banyak diikuti dan dipercaya menjadi solusi yang ampuh ketika mengalaminya. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang meradang. Pasta gigi masih dipercaya sebagian besar orang dapat meredakan dan mengeringkan jerawat meradang yang menganggu penampilan dengan cepat. Namun, apakah cara ini benar-benar aman?

Baca Juga: Hati-hati, Salah Penanganan Jerawat Bisa Menyebabkan Kondisinya Semakin Parah. Cari Tahu Alasannya di Sini!

Pasta Gigi untuk Jerawat

Ilustrasi pasta gigi (iStock)
Ilustrasi pasta gigi (iStock)

Apakah pasta gigi efektif meredakan jerawat?

Selain menggunakan obat jerawat konvensional yang bisa dibeli di drugstore, banyak orang membuat ‘resep’ sendiri dengan membuat DIY obat jerawat. Pasta gigi adalah salah satu produk rumah tangga yang sejak dulu dipercaya menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain bisa dibeli dengan harga yang terjangkau, pasta gigi juga menjadi produk yang mudah ditemukan dan selalu ada di rumah sehingga kapanpun dibutuhkan kamu tinggal menggunakannya.

Menurut dr. Neal Schultz, seorang dermatolog asal kota New York, beberapa kandungan yang biasanya terdapat pada pasta gigi yang secara umum dijual di pasaran seperti baking soda, hydrogen peroxide, menthol, essential oils, triclosan masih dipercaya banyak orang dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Namun Neal menjelaskan bahwa efeknya tidak sepenuhnya aman untuk kulitmu. Pernyataan tersebut didukung oleh pendapat dari dr. Rebecca Baxt yang juga seorang dermatolog asal New York, yang mengatakan bahwa kondisi jerawat meradang yang diolesi menggunakan pasta gigi bisa berpotensi menjadi iritasi, kemerahan, breakout, hingga membuat jerawat membekas.

Bahaya mengoleskan pasta gigi pada jerawat

Meski bagi sebagian orang yang mengalaminya merasakan bahwa pasta gigi dapat membantu mengeringkan nanah pada jerawat, tentu saja hasilnya mungkin tidak akan sama pada semua orang. Berdasarkan penuturan seorang dokter kulit yang bekerja untuk sebuah klinik kecantikan Sönd Skin bernama Dr. Sunirmal Sharkar dalam sebuah artikel yang dimuat di situs Pop Sugar, kondisi jerawat yang meradang mungkin saja bisa mereda dengan bantuan pasta gigi. Namun, redanya jerawat bisa disusul dengan munculnya tkamu-tkamu kulit iritasi dan juga membuat bekasnya susah hilang, akibat kandungan berbahaya yang terlalu keras di dalam pasta gigi bila digunakan untuk kulitmu.

Dr. Sharkar juga menambahkan bahwa sebaiknya pengguna kulit sensitif menghindari penggunaan pasta gigi sebagai obat jerawat karena akan membuat kulit menjadi kemerahan dan mengalami sensasi terbakar. Meski tergiur dengan hasil yang mungkin bisa didapatkan dengan penggunaan pasta gigi saat ingin mengatasi jerawat, sebaiknya kamu memperhatikan dahulu kondisi kulit kamu dan memilih menggunakan bahan-bahan serta kandungan yang lebih aman.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Hilangkan Jerawat dari Para Beauty Vlogger

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓