Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan Secara Rutin Menurut Para Ahli

Beauty Journal22 Agu 2019, 18:35 WIB
Perawatan Kulit

ringkasan

  • Menggunakan produk pembersih wajah yang gentle
  • Gunakan pelembap 2 kali sehari
  • Menggunakan sheet mask setidaknya dua kali dalam seminggu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bicara soal perawatan kulit, tentu terdapat perbedaan kebutuhan dan masalah yang dimiliki kulitmu dan orang lain, karena kulit tiap orang berbeda. Mungkin kamu cocok dengan metode 10-Step Korean Skincare Routine, namun tidak dengan orang lain, begitupun sebaliknya.

Walau tak ada aturan pasti atau keharusan untuk menggunakan produk skin care berlapis-lapis, namun terdapat beberapa perawatan kulit minimum yang disarankan oleh dermatolog untuk dilakukan sebagai perawatan kulit wajah paling dasar. Apa saja? Yuk, lihat di sini!

1. Menggunakan produk pembersih wajah yang gentle

Dilansir dari Real Simple, membersihkan muka menggunakan pembersih wajah, termasuk langkah merawat kulit yang tak boleh dilewatkan. Dalam memilih produk pembersih wajah, dermatolog menyarankan untuk memilih produk yang sifatnya gentle. Tidak hanya dapat membersihkan wajah, tetapi gentle cleanser akan membantu untuk memperbaiki kondisi kulit di malam hari. Gentle cleanser juga tidak akan memberikan rasa kulit seperti tertarik dan keset, lho!

2. Gunakan pelembap 2 kali sehari

Dilansir dari Medical Daily, wajah harus dilembapkan sebanyak dua kali yaitu sekali di pagi dan sekali di malam hari. Kelembapan di siang hari berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, sedangkan kelembapan di malam hari berfungsi untuk proses perbaikan kondisi kulit.Baik pemilik kulit kering maupun kulit berminyak, langkah perawatan tersebut sangatlah bermanfaat untuk menutrisi dan mengembalikkan dehidrasi kulit yang telah hilang sehingga kulit pun menjadi lebih lembap dan tidak memproduksi minyak lebih pada wajah.

3. Menggunakan sheet mask setidaknya dua kali dalam seminggu

Sheet Mask
Ilustrasi sheet mask/copyright shutterstock

Diperkaya dengan konsentrasi vitamin dan active ingredients yang cukup tinggi, membuat sheet mask menjadi produk alternatif untuk kamu yang tidak ingin menggunakan serum. Dilansir dari Allure, Christine Chang, pemilik dari brand Glow Recipe, memberitahukan bahwa untuk menjaga kulitnya orang Korea selalu menggunakan sheet mask dua kali sehari atau setidaknya minimal satu kali dalam sehari.

Sekarang pun sudah banyak sheet mask yang tersedia di pasaran dan bisa dipilih, mulai dari yang moisturizing hingga untuk pore-care. Cukup dengan menggunakannya dua kali saja dalam seminggu selama kurang lebih 20 menit, akan membantu kulit tetap ternutrisi hingga lapisan yang terdalam. Jadi usahakan untuk mulai menggunakan sheet mask, ya!

Baca Juga: 5 Sheet Mask Hacks untuk Membuat Fungsi Sheet Mask jadi Lebih Maksimal

Menggunakan Sunscreen yang Tepat

Sunscreen
Ilustrasi sunscreen/copyright shutterstock

4. Menggunakan sunscreen setiap hari

Setiap harinya, bahaya sinar UV dari matahari kian bertambah parah yang juga dapat menimbulkan dampak buruk dan masalah bagi kulit. Untuk itulah, kamu perlu menggunakan sunscreen setiap hari. Terutama jika hendak pergi keluar rumah. Dilansir dari Refinery29, Dr. Anjali Mahto, seorang penulis buku The Skincare Bible, juga menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari. Terutama jika gaya hidup kamu sering bekerja atau berada di luar ruangan.

Cobalah untuk menggunakan sunscreen yang memiliki SPF antara 30-50 dan PA+++. Selain melindungi kulit dari sinar UV, kamu juga bisa memperlambat timbulnya masalah penuaan pada kulit melalui penggunaan sunscreen yang rutin sejak dini.

5. Menghapus makeup sebelum tidur

Perawatan kulit berikut juga tak kalah penting untuk kamu lakukan apabila ingin memiliki wajah yang bersih dan terhindar dari masalah kulit. Terutama bagi kamu yang gemar menggunakan makeup. Se-letih apapun kamu, dermatolog menyarankan untuk membersihkan makeup terlebih dahulu sebelum tidur.

Dilansir dari Good House Keeping, Dr. Annie Chiu menjelaskan bahwa tidak membersihkan wajah dari makeup akan membuat kotoran dan sel kulit mati tidak hilang dari kulit sehingga akan memicu terjadinya clogged pores dan jerawat. Nah, untuk membersihkan wajah dari makeup kamu bisa coba menggunakan makeup remover atau micellar water.

Baca Juga: Duh, Seram! Ini yang Akan Terjadi Pada Kulit Saat Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓