Cara Menggunakan Moisturizer dan Face Oil, Mana yang Lebih Dulu Digunakan?

Beauty Journal24 Agu 2019, 11:35 WIB
Perawatan Wajah

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia skincare, lebih spesifiknya lagi, skin care routine, kerap muncul banyak pertanyaan seputar urutan pemakaian produk. "Mana sih yang dipakai lebih dulu, serum atau essence?", "Kalau sudah pakai moisturizer, boleh pakai sleeping mask lagi, nggak?", dan banyak pertanyaan serupa lainnya. Kali ini, Beauty Journal akan menjawab salah satu pertanyaan yang cukup sering terdengar seputar urutan skincare, yakni, mana yang lebih dulu: moisturizer atau face oil?

Baca juga: Panduan Memilih Face Oil Sesuai dengan Masalah Kulit yang Ingin Diatasi

Menggunakan face oil setelah moisturizer diyakini lebih ideal

Hadir dengan deretan klaim menjanjikan, formula yang relatif lebih aman, dan hasil yang menuai banyak ulasan positif membuat pamor face oil menanjak beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, tak sedikit brand lokal yang juga merilis produk face oil miliknya sendiri. Mulai dari avocado oil, grapeseed oil, rosehip oil, hingga rice bran oil dan masih banyak lagi.

Namun, pertanyaan pun muncul saat kamu ingin memasukkan face oil ke dalam rangkaian perawatan kulit kamu. Kapan kamu harus pakai face oil, ya? Dilansir dari TheKlog, Sarah Ferguson menuturkan bahwa ia menggunakan face oil setelah moisturizer. Alasannya, minyak membutuhkan waktu lebih lama untuk terserap dan ia tidak mungkin menunggu 30 menit untuk mengaplikasikan moisturizer. Kedua, minyak bersifat oklusif yang dapat membentuk lapisan dan 'mengunci' kelembapan dalam kulit, sehingga jika moisturizer diaplikasikan setelah face oil, moisturizer tidak akan bisa menembus lapisan minyak dan terserap dengan sempurna oleh kulit.

Pendapat ini juga didukung oleh pakar skin care dan pendiri lini skin care Renée Rouleau. Menurutnya, mengaplikasikan apapun di atas minyak tidak akan memberikan manfaat maksimal pada kulit, bahkan menjadi sia-sia. Ia menambahkan, mungkin kamu akan bingung saat brand melabeli face oil sebagai serum. Walau biasanya serum digunakan sebelum moisturizer, Renée menyarankan untuk tetap menggunakan face oil di urutan akhir.

Baca juga: Bagaimanakah Face Oil dapat Membantu Merawat Kulit? Yuk, Ketahui Cara Kerjanya di Sini!

Kapan face oil boleh/perlu digunakan sebelum moisturizer?

Face Oil
Ilustrasi/copyright shutterstock

Mungkin sampai di sini sudah semakin mantap untuk menggunakan face oil di ujung skin care routine, ya? Eits, tunggu dulu! Ada beberapa produk face oil yang justru memberikan instruksi jelas untuk digunakan sebelum moisturizer, lho! Dilansir dari TheKlog, alasannya adalah karena face oil tertentu mengandung kandungan aktif yang membuatnya berperan sebagai serum. Mungkin kamu bisa membuat beberapa pengecualian untuk produk face oil yang memiliki instruksi seperti ini atau face oil yang memang benar-benar terasa lightweight seperti serum.

Walau idealnya kebanyakan face oil digunakan di penghujung skincare routine, ada satu pengecualian lagi yang perlu kamu perhatikan. Karena sifat minyak pada face oil dapat menggangu efektivitas sunscreen yang diaplikasikan setelahnya, sebaiknya gunakan face oil dalam kuantitas lebih sedikit dan gunakan moisturizer setelahnya. Untuk lebih amannya, sebaiknya gunakan face oil di waktu malam saja, ya!

Baca juga: Untuk Dapatkan Hasil Maksimal, Ini Cara Tepat Mengaplikasikan Face Oil Menurut Para Ahli

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓