5 Kesalahan Skincare yang Bisa Timbulkan Jerawat

Karla Farhana27 Agu 2019, 19:30 WIB
[Fimela] Skincare

ringkasan

  • Jerawat ternyata bisa timbul hanya karena salah pada saat menggunakan skincare.
  • Baik karena produk tidak sesuai, skincare oder juga dapat menimbulkan jerawat.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Perkembangan dunia skincare nampaknya tidak hanya terfokus pada Korean dan Japanese skincare. Pasalnya, masih banyak juga perempuan Indonesia yang setia pada produk-produk kecantikan dari Negeri Barat. 

Tren skincare yang semakin beragam dan terus berubah dari waktu ke waktu juga mendorong produk-produk kecantikan Indonesia semakin berkembang. Tak sedikit produk dalam negeri yang tak kalah berkualitas. 

Tren ini pun nampaknya memengaruhi banyak perempuan-perempuan lain untuk memerhatikan kesehatan kulit mereka. Yang tadinya tidak begitu peduli, kini mulai dikenalkan dengan berbagai produk serta metode perawatan kulit. 

Namun, banyak pemula yang masih keliru dengan step dan skincare order. Mana yang harus diaplikasikan terlebih dahulu, serta bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar. Karena, salah-salah kulitmu tidak jadi mulus. Malah akan muncul banyak jerawat. Agar tidak mengalami inflamasi dan ditumbuhi jerawat, berikut 5 kesalahan skincare yang harus kamu hindari. 

Percaya Penuh dengan Makeup Wipes

Tips cantik
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Buat Sahabat Fimela yang selalu mengenakan makeup, jangan pernah percaya 100% dengan makeup wipes. Secara kasat mata, mungkin makeup dan sisa-sisanya sudh tidak ada lagi di kulit wajah. 

Tapi, cobalah untuk kembali membersihkannya dengan makeup remover balm atau toner. Pasti akan ada sisa-sisa makeup pada kapas. Banyak orang yang terlalu percaya dengan makeup wipes. Meski praktis, sisa-sisa makeup masih tersisa. Dilansir dari the Every Girl, sisa makeup yang dibawa tidur akan memunculkan jerawat. 

Scrub

Scrub merupakan step yang sangat penting. Meskipun chemical exfoliation merupakan cara terbaik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun jangan lupakan physical exfoliation. Karena, physical exfoliator tetap dibutuhkan. 

Menyimpan Produk di Kamar Mandi

Cushion makeup
Cushion makeup. (Foto: Shutterstock.com)

Membersihkan kulit wajah di kamar mandi memang sangat praktis. Namun, kamar mandi terlalu panas dan lembab. Temperaturnya pun tidak stabil. Kondisi ini akan merusak skincare product dengan cepat. 

Jadi, sebaiknya kamu meletakkan produk skincare kesayanganmu disimpan di ruang tidur. Atau juga medicine cabinet agar kandungan di dalamnya tetap terjaga untuk waktu lama. 

Salah Urutan

Produk skincare sudah lengkap, namun kenapa masih juga muncul breakout? Mungkin urutan skincare yang salah! Dilansir dari Style Craze, cobalah untuk mengaplikasikan skincare yang paling ringan hingga ke yang paling berat seperti krim. Selain itu, tunggu beberapa saat sebelum layering dengan produk lain. 

Terlalu Kasar

Kulit wajah itu sangat lembut. Karena itu, kamu juga harus memperlakukannya dengan sangat lembut. Aplikasikan krim menggunakan jari manis. Karena jari ini yang paling lemah sehingga dapat menyentuh kulitmu dengan sangat lembut. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓