5 Tips Memilih Serum Terbaik untuk Kulit Berminyak

Karla Farhana28 Agu 2019, 09:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Serum Wajah

ringkasan

  • Kulit wajah berminyak tetap membutuhkan serum untuk perawatan yang maksimal.
  • Namun, serum yang salah kerap memicu munculnya jerawat dan inflamasi pada kulit wajah.
  • Untuk itu, penting sekali memilih serum yang tepat bagi kulit berminyak.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Serum merupakan tahapan penting dalam pengaplikasian skincare. Pasalnya, serum merupakan moisturizer yang ringan sehingga dapat menyerap lebih dalam dan cepat ke dalam pori-pori kulit. 

Dilansir dari Huffington Post, serum ini berfungsi untuk menjadikan kulitmu lebih kencang, bertekstur lembut, dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil. Namun, kegunaan setiap jenis serum berbeda-beda, sesuai dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, Style Craze juga menulis, serum mengandung active ingredients yang mampu meresap lebih dalam ke kulit dibandingkan dengan krim atau moisturizer lainnya. Tapi, Sahabat Fimela jangan lupa. Kulitmu memiliki sebum natural yang merupakan minyak alami pada permukaan kulitmu. 

Jika poduksi sebum pada kulitmu sudah cukup banyak, biasanya kulitmu termasuk jenis berminyak. Tidak jarang, menggunakan serum dan begitu banyak rangkaian skincare justru malah memunculkan jerawat dan inflamasi pada kulit. Lantas, bagaimana caranya agar pemilik kulit berminyak tetap bisa menggunakan serum

1. Gunakan Serum Bervitamin C

Serum
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki kulit berminyak, pilihlah serum yang menandung vitamin C. Kandungan ini, tulis Style Craze, merupakan bahan yang cukup ringan sekaligus menyegarkan. Karena vitamin C terbilang ringan, maka akan cepat menyerap ke dalam kulit, sehigga tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. 

2. Mengurangi Minyak Berlebih

Banyak brand yang memiliki produk khusus untuk kulit berjerawat. Tak penting brand-nya apa, kamu bisa langsung mencari serum yang memang dapat mengurangi minyak berlebih. Biasanya, serum dengan ekstrak tanaman laut dapat mengurangi produksi minyak alami kulit yang berlebihan. 

3. Tidak Mengandung Minyak

 

 

This makes sense! Produksi sebum pada kulit wajahmu tinggi, sementara kamu masih mau menggunakan serum mengandung minyak?! Jika tidak ingin muncul breakout, sebaiknya kamu memilih serum yang sama sekali tidak mengandung minyak di dalamnya, alias oil-free. 

 

4. Serum dengan AHA

Pakai Serum Wajah Itu Ternyata Penting!
Ingin kulit cerah tanpa noda hitam dengan cepat? Rajin cuci muka dan pakai krim wajah saja belum cukup!

Berpikir untuk membeli chemical serum? Kamu mungkin mau mencoba serum dengan AHA yang baik untuk kulit berminyak. Pasalnya, senyawa asam ini dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah, sehingga selain dapat meningkatkan tekstur kulit, juga dapat terhindar dari penyumbatan pori-pori kulit. 

5. Retinol

Terakhir, kamu bisa memilih serum kulit wajah yang mengandung retinol. Kandungan ini memang sudah lama dikenal sebagai sahabat bagi kulit berminyak. Pasalnya, retinol dapat mengontrol kadar minyak pada kulit, termasuk minyak alami yang diproduksi. 

Namun sebagai pemula, mulailah dari serum dengan persentase retinol terendah. Selain dapat mengontrol sebum, retinol juga baik utnuk menghilangkan kerut dan noda-noda hitam. 

Lanjutkan Membaca ↓