5 Tips Makeup Praktis di Hari Pernikahan Tanpa Bantuan Makeup Artis

fitriandiani29 Agu 2019, 14:00 WIB
Makeup pengantin.

Fimela.com, Jakarta Setiap calon pengantin pasti ingin terlihat cantik dan sempurna di hari pernikahannya, khususnya dalam hal makeup. Tak sedikit dari mereka yang rela menyiapkan dana besar, khusus untuk menyewa jasa makeup artis ternama di hari pernikahan. Namun tentu banyak pula calon pengantin yang harus pandai-pandai mengatur anggaran, dan tidak dapat menikmati jasa makeup artis ternama.

Sebetulnya permasalahan makeup tidak terlalu diambil pusing, pesta pernikahan seharusnya ditakar sesuai kemampuan. Siasati dengan mengaplikasikan makeup sendiri di hari pernikahan. Lagipula, makeup pengantin kekinian tidak harus terlalu "manglingi" seperti tren zaman dahulu, kok.

Selama kamu tidak mengadakan pesta dengan adat tertentu yang memerlukan riasan khusus seperti paes, yuk coba aplikasikan makeup sendiri. Dirangkum dari berbagai sumber, perhatikan beberapa langkah berikut ini agar makeup teraplikasi dengan sempurna.

1. Pertimbangkan cuaca, lokasi, dan tema warna

Ini penting diingat dalam langkah awal, karena akan menentukan seperti apa makeup yang cocok dengan acaramu nanti. Apabila pesta pernikahan bertema outdoor pastikan dasar riasan diaplikasikan secara berlapis namum tidak terlalu tebal agar tak mudah luntur.

2. Pilih gaya riasan yang nyaman

Makeup
Ilustrasi makeup. (Photo by Ali Pazani from Pexels)

Jangan karena ini adalah hari spesialmu lalu kamu ingin sepenuhnya mengubah wajah. Kamu tetap harus jadi diri sendiri, namun dalam versi terbaik. Jika kamu terbiasa pakai riasan bergaya natural, untuk hari pernikahan pilih gaya riasan yang lebih berpusat pada area mata agar terlihat berbeda. Namun jika kamu terbiasa tampil sehari-hari dengan makeup lengkap, maka aplikasikan makeup yang sama untuk hari pernikahan namun dengan rona riasan bibir yang berbeda.

3. Lakukan percobaan

Jangan mencoba teknik aplikasi makeup terbaru tepat di hari pernikahan! Lakukan percobaan 3-4 kali gaya makeup yang diinginkan sejak jauh-jauh hari untuk menemukan formula yang tepat. Jangan lupa lakukan di jam yang sama dengan kapan acaramu akan berlangsung. Coba juga gaya riasan tersebut saat beraktivitas untuk melihat seberapa lama makeup itu bisa bertahan di wajah. Ambil juga beberapa foto di lokasi yang berbeda untuk melihat apakah makeup yang diaplikasikan bagus saat diabadikan atau tidak.

4. Perhitungkan waktu

Ilustrasi produk makeup
Ilustrasi produk makeup. (Foto: shutterstock.com By New Africa)

Selalu pasang timer ketika mengaplikasikan percobaan makeup dan ambil waktu rata-rata pengerjaan, sehingga di hari-H kamu bisa memastikan kapan sebaiknya kamu mulai mengaplikasikan makeup dan bisa melakukannya dengan santai.

5. Lakukan dengan tahapan yang tepat

Penting untuk digarisbawahi: aplikasikan makeup sebelum memakai baju pengantin untuk menghindari noda. Mulai juga proses pengaplikasian makeup dari mata, sebelum menciptakan complexion. Hal ini untuk berjaga-jaga agar jika terjadi kesalahan, akan lebih mudah menghapusnya.

Bila perlu, cari referensi gaya makeup yang sesuai dengan acara agar lebih mudah. Semoga berhasil, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓