Tips Memilih Krim Malam yang Sesuai dengan Kebutuhan

Beauty Journal28 Agu 2019, 12:05 WIB
Krim Malam

ringkasan

  • Masalah kulit yang ingin diatasi
  • Tahu kandungan yang perlu dihindari
  • Kadar bahan aktif yang terkandung di dalamnya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cerah dan lembap di pagi hari adalah dengan menyempurnakan proses regenerasi kulit di waktu malam hari. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyempurnakan proses ini. Misalnya, dengan membersihkan kulit wajah secara maksimal dan menggunakan krim mata. Nah, selain dua cara tersebut, ada satu produk yang sebaiknya tidak kamu lewatkan penggunaannya di malam hari, yaitu krim malam. Lantas, apa kamu sudah berhasil menemukan krim malam yang sesuai dengan kebutuhan? Kalau belum, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih krim malam.

Masalah kulit yang ingin diatasi

Setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Inilah yang membuat krim malam diformulasikan dengan kandungan yang berbeda-beda juga. Nah, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tepat sasaran, kamu perlu tahu masalah kulit apa yang ingin diatasi dan kandungan apa saja yang diperlukan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Misalnya, untuk masalah kulit dehidrasi kamu bisa memilih krim malam dengan kandungan hyaluronic acid. Atau, untuk masalah penuaan kamu bisa mencari krim yang kaya akan anti-oksidan.

Pilih krim yang sesuai dengan jenis kulit

Jenis kulit menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih skin care, termasuk juga krim malam. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, pilihlah krim malam yang teksturnya ringan, seperti gel dan emollient. Namun, jika kulit kamu cenderung kering, pilihlah krim malam yang teksturnya thick agar bisa membantu menjaga hidrasi kulit di malam hari.

Baca juga: 5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Jika Rutin Membersihkan Wajah pada Pagi dan Malam Hari

Tips Memilih Krim Malam

skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Kadar bahan aktif yang terkandung di dalamnya

Untuk memberikan nutrisi yang maksimal saat proses regenerasi kulit di malam hari, pastikan krim malam yang kamu gunakan memiliki kandungan bahan aktif dalam konsentrasi yang tinggi. Selain itu, pilih krim malam yang memiliki perpaduan antara vitamin, asam amino, dan anti-oksidan.

Tahu kandungan yang perlu dihindari

Selain mengetahui kandungan yang dibutuhkan kulit, Sahabat Fimela juga perlu tahu kandungan apa saja yang perlu dihindari. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan rutinitas skin care malam kamu menjadi sia-sia atau justru menjadi bumerang dan membawa dampak buruk bagi kamu. Hindari produk yang memiliki kandungan alkohol, alergen, atau paraben di dalamnya. Krim malam yang memiliki aroma parfum terlalu kuat pun sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan iritasi.

Baca juga: Dari yang Terjangkau Hingga yang Cukup Mahal, Berikut Rekomendasi Krim Malam Lokal Berkualitas yang Layak Dicoba

Usia turut mempengaruhi jenis krim yang dibutuhkan

Krim malam yang digunakan oleh ibumu, belum tentu cocok untukmu. Alasannya karena setiap golongan usia memiliki kebutuhannya masing-masing. Usia 20an memerlukan krim malam dengan tekstur ringan yang mampu menutrisi dan menjaga hidrasi kulit. Usia 30an membutuhkan krim malam yang kaya akan anti-oksidan dan retinol. Sementara itu, usia 40an memerlukan krim malam yang memiliki kandungan peptides dan vitamin. Maka itu, pastikan untuk memilih krim malam yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya!

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓