Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Mencoba Retinol untuk Perawatan Kulit Wajah

Annissa Wulan29 Agu 2019, 11:00 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Retinol dikenal sebagai salah satu kandungan yang paling mujarab sebagai anti penuaan. Selain itu, retinol juga dikenal dapat mengatasi masalah jerawat.

Namun, jangan sembarangan memakainya. Dilansir dari newbeauty.com, Kamis (29/8/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kamu tahu dan perhatikan sebelum mencoba menggunakan retinol, penasaran?

1. Mencari formula produk yang tepat

Dalam keluarga retinoid atau turunan vitamin A yang terkenal karena kemampuannya dalam meningkatkan pergantian sel. Retinol adalah versi yang paling umum dan tergolong ringan untuk digunakan dalam perawatan kulit.

2. Memperkenalkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit

Retinol dapat rusak ketika terkena cahaya matahari, panas, dan udara, sehingga retinol biasanya dikemas dalam tempat yang buram, pompa tanpa udara, atau tabung aluminium. Selain itu, retinol sebaiknya digunakan pada malam hari, karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.

 

3. Pelajari cara melapisi produk retinol

Tips Cantik
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Hindari penumpukan pengaplikasian retinol dengan zat aktif lainnya, seperti asam alfahidroksi yang dapat membuat pergantian sel pada steroid. Ingat, setiap kandungan juga membutuhkan pH optimal kulit yang berbeda.

4. Mencoba bakuchiol

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang bakuchiol sebelumnya, yaitu antioksidan yang berasal dari tanaman dalam pengobatan Cina. Sebuah studi menunjukkan bahwa produk dengan kandungan 1% bakuchiol memiliki manfaat untuk melawan jerawat, menjadi alternatif lain dari retinol untuk meminimalisir tampilan kerutan dan hiperpigmentasi.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓