Pahami Jenis Sabun Mandi yang Tepat Sesusai dengan Jenis Kulit Tubuh

Vinsensia Dianawanti29 Agu 2019, 11:30 WIB
Mandi

ringkasan

  • Ternyata menggunakan jenis sabun mandi harus sesuai jenis kulit
  • Sabun batang, body wash, dan shower gel memiliki karakternya masing-masing dan diformulasikan untuk jenis kulit tertentu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mandi nampaknya menjadi kegiatan yang mudah dan dibutuhkan oleh kita yang tinggal di daerah tropis. Berbagai sabun mandi hadir dengan beragam jenis. Mulai dari sabun batang, sabun cair, hingga shower gel.

Melansir dari Real Simple pada Kamis (29/8/2019) jenis sabun mandi yang berbeda ini diperuntukkan untuk jenis kulit yang berbeda juga. Untuk mengetahui produk sabun mandi mana yang terbaik untuk kulit tubuh, Ilyse Lefkowicz, MD yang merupakan dokter kulit memberikan referensi berikut ini.

Perbedaan utama antara sabun batang dan body wash adalah bentuk dan cara mereka berinteraksi dengan kulit. Sabun batang mungkin lebih keras daripada pembersih jenis lain. Bisa menghilangkan lipid dan protein potensial atau mengubah tingkat pH kulit yang menyebabkan kulit iritasi.

Untuk pemilik kulit normal cenderung kering, disarankan untuk mencari formula sabun mandi yang lebih ringan. Sementara, pemilik kulit berminyak bisa menggunakan sabun batang sebagai cara cepat dan mudah untuk membersihkan tubuh.

Selain itu, body washes dinilai sedikit lebih higienis daripada sabun batang. Hal ini bakteri dapat hidup dalam sabun batang dan akan menulari orang-orang. Untuk menghindari penumpukan bakteri, sabun batang harus selalu dibilas setelah penggunaan dan dikeringkan.

 

Antara body wash dan shower gel

[Fimela] Mandi Air Hangat
Ilustrasi air hangat | unsplash.com

Mungkin ada yang menganggap bahwa body wash dan shower gel adalah dua hal yang sama. Namun terrnyata tidak identik. Keduanya memang merupakan cairan pembersih yang biasanya dibuat dengan emolien untuk melembutkan kulit dan surfaktan ringan yang menghasilkan busa yang kaya.

Namun keduanya memiliki konsentrasi bahan yang berbeda. Shower gel memiliki konsistensi yang lebih pekat seperti gel. Biasanya juga memiliki wewangian yang lebih tinggi. Shower gel adalah pilihan yang sangat baik untuk orang yang tinggal di daerah beriklim panas dan lembap. Ia akan bekerja dengan lebih melembapkan daripada membersihkan tubuh.

Sementara body wash lebih ditujukan untuk melembapkan kulit. Ia akan berguna digunakan ketika berada di cuaca yang dingin dan ekstra. Body wash akan menjaga kelembapan kulit yang berpotensi merusak kulit. 

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓