Tak Hanya Penyedap Masakan, Black Pepper juga Berkhasiat untuk Kulit

fitriandiani29 Agu 2019, 19:30 WIB
Black pepper/black pepper essential oil

Fimela.com, Jakarta Kita mengenal black pepper sebagai bumbu makanan bercita rasa pedas. Secara ilmiah, black pepper disebut Piper nigrum. Ia berasal dari tanaman berbunga yang dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah tersebut kemudian dikeringkan dan digunakan sebagai bumbu yang kita kenal dengan nama black pepper.

Konon bumbu ini telah digunakan dalam masakan India sejak tahun 2000 SM. Kendati demikian, black pepper tak hanya sedap dijadikan bumbu makanan saja!

Black pepper juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Ia memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan vitamin K yang berguna menjaga kulit tetap sehat.

Lebih lengkapnya, apa saja manfaat black pepper untuk kulit? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Black Pepper bagi Kecantikan Kulit

Black pepper
Black pepper. (Photo by Sonja Punz on Unsplash)

Melawan tanda penuaan

Black pepper memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi untuk melawan radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan. Kamu bisa konsumsi sebagai pendamping makanan sehari-hari, atau jadikan masker bersama campuran madu, kunyit, dan air.

Eksfoliasi

Coba buat eksfoliator dari 1/2 sdt black pepper yang dicampur yogurt. Aplikasikan ke kulit sambil pijat merata, diamkan 20 menit. Kulitmu pasti lebih halus karenanya! Black pepper membantu mengeluarkan racun dari kulit hingga membuatnya halus dan cerah. Selain itu, black pepper juga memperlancar peredaran darah di wajah, yang membuat aliran oksigen serta nutrisi lancar, kulit pun jadi sehat!

Pssst, sifat antiinflamasi dan antibakterinya juga dapat mencegah jerawat, lho!

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓