Punya Milia? Ini Cara Mengatasinya di Rumah

Nabila Mecadinisa30 Agu 2019, 08:30 WIB
Milia

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, masalah kulit lainnya yang sering dialami adalah milia. Bentuknya menyerupai jerawat kecil tanpa mata namun keberadaannya mempengaruhi tekstur kulit yang menjadikannya terlihat tak rata. Seperti yang dilansir dari Stylecaster, Milia merupakan kondisi kulit yang menumpuk di area bawah kulit dan bermanifestasi hingga muncul pada permukaan kulit.

Dikenal juga dengan istilah milk spot, milia terjadi akibat penumpukan keratin dan terbagi dalam dua jenis. Tipe pertama merupakan tipe primary dan ke dua adalah tipe secondary dan keduanya disebabkan oleh faktor berbeda termasuk gaya hidup. kebersihan, dan juga trauma pada kulit. Secara general milia terjadi akibat penumpukan sel kulit mati dan tidak terangkat sehingga perlahan menumpuk hingga menjadi milia. Di saat kondisi milia tidak serius, maka penggunaan eksfolisi perlahan mampu mengtasi milia. Simak langkahnya berikut ini.

1. Lakukan double clensing

Double cleansing adalah cara terbaik untuk mencegah milia. Apalagi bagi kamu yang hobi menggunakan makeup. Dengan langkah pembersihan ganda, maka kamu bisa memaksimalkan kulit agar lebih bersih dan terbebas dari pori-pori tersumbat.

2. Menggunakan BHA

Langkah selanjutnya bisa menggunakan BHA (salicylic acid) treatment yang mampu menjadi solusi sempurna untuk mencegah dan mengatasi pori-pori tersumbat. Gunakan kandungan aktif yang mampu bekerja efektif untuk membantu membuka sumbatan pada pori-pori sekaligus mencegah terjadinya cystic.

Cara mengatasi milia di rumah

Milia
Milia (Foto: Unsplash/ @@kxvn_lx)

3. Lakukan scrub

Mengaplikasikan scrub adalah metode klasik untuk mengatasi terjadinya sumbatan pada pori-pori. Tapi pastikan untuk memilih butiran scrub yang lembut dan halus sehingga tidak akan menjadikan kulit iritasi.

4, Menggunkan retinol

Retinol adalah kandungan yang disetujui oleh para dermatologist karenan kemampuannya yang efektif dan aman untuk mempercepat regenerasi kulit. Bahkan kandungannya juga sangat baik untuk mengatasi milia pada permukan kulit.

5. Aplikasikan repair cream

Repair cream juga sangat baik untuk menangani milia. Kandungannya berfungsi optimal untuk menenangkan kulit yang terjadi akibat iritasi yang ditimbulkan oleh penggunaan produk eksfoliasi.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓