5 Rutinitas Perawatan Wajah Sebelum Tidur untuk Melawan Breakout

Beauty Journal30 Agu 2019, 10:55 WIB
Membersihkan wajah

ringkasan

  • Membersihkan Wajah dengan Toner Free-alcohol
  • Gunakan Masker Berkandungan Sulfur
  • Menggunakan Serum Berkandungan Retinol
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memilih produk skincare untuk kulit bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, skincare yang tak cocok dengan kulit kemungkinan akan menimbulkan reaksi yang tak diinginkan seperti breakout. Selain itu, penyebab lainnya seperti seperti stres, hormon bahkan kebiasaan tidur juga menjadi faktor pendukung munculnya jerawat pada wajah. Untuk memberantasnya, kamu bisa melakukan perawatan sebelum tidur yang dianggap dermatolog dr. Kally Papantoniou, seperti dilnasir dari Bustle, ampuh memutus siklus breakout. Lantas, rutinitas apa saja yang bisa membantu mengatasi hal ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Mengganti Sarung Bantal

Dr. Kally Papantoniou seorang cosmetic dermatologist memastikan bahwa sarung bantal bisa jadi tempat berkembang biaknya bakteri. Penumpukan kotoran, debu dan minyak bisa jadi menjadi tempat bakteri bersarang. Alhasil, ketika kamu bersandar di atasnya, kotoran tersebut turut menempel pada wajah dan menyebabkan jerawat. dr. Kally menyarankan untuk mengganti sarung bantal secara berkala setiap seminggu sekali atau mengganti bahan yang lebih lembut seperti silk.

Membersihkan Wajah dengan Toner Free-alcohol

Alkohol bisa menyebabkan kulit menjadi kering, untuk itu bagi kamu yang sedang mengalami breakout sebaiknya menghindari toner dengan kandungan satu ini. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan toner dengan kandungan witch hazel. Bahan alami satu ini dianggap dapat mengurangi peradangan akibat jerawat. Selain itu, witch hazel juga dapat menyegarkan kulit tanpa menyebabkan iritasi. Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan produk Thayers Alcohol-Free Original Witch Hazel.

Gunakan Vitamin C Serum

Serum
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Vitamin C yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu mengatasi kerusakan pada kulit dan meningkatkan penyembuhan. Untuk itu, penggunaan vitamin C dapat menjadi kamulan ketika kamu mengalami breakout. Menurut dr. Kally, vitamin C baik digunakan pada malam hari karena saat itulah kulit dapat menyerap vitamin C dengan baik dan memulai proses penyembuhan dengan efektif. Sebagai referensi, kamu dapat menggunakan Votre Peau Vitamin C Serum yang diformulasikan dari bahan-bahan organik dan aman bagi kulit sensitif.

Gunakan Masker Berkandungan Sulfur

Sulfur diketahui dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan ini dapat membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak berlebih pada kulit sehingga mengurangi penumpukan kotoran di pori-pori. Cara kerja sulfur dalam mengatasi jerawat sama halnya dengan asam salisilat yakni dengan mengeringkan jerawat terlebih dahulu kemudian bagian kulit yang mengering akan terkelupas. Untuk itu, kamu perlu mengoleskan pelembap untuk merawat kulit agar tidak menimbulkan iritasi. Salah satu masker dengan kandungan sulfur yang bisa kamu gunakan adalah Mario Badescu Drying Mask yang juga dilengkapi dengan cucumber extract yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

Menggunakan Serum Berkandungan Retinol

Ilustrasi serum/copyright shutterstock
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Retinol sudah sejak lama dikenal sebagai kandungan yang ampuh mengatasi jerawat. Retinol bekerja membersihkan pori-pori tersumbat yang menjadi biang tumbuhnya jerawat. Retinol juga berfungsi untuk mengurangi peradangan, dengan catatan kamu menggunakannya dengan batas wajar. Menurut dr. Kally, retinol sebaiknya digunakan pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang efektif. kamu dapat menggunakan produk For Skins Sake yakni Retinol Serum yang tidak hanya berguna bagi pemilik jerawat tapi juga ampuh melawan penuaan dini.

Baca juga: Duh, Seram! Ini yang Akan Terjadi Pada Kulit Saat Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓