Lady's Mantle yang Menyimpan Ragam Manfaat Bagi Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Beauty Journal30 Agu 2019, 18:35 WIB
Lady's Mantle

ringkasan

  • Melindungi kulit dari penuaan dini
  • Mengurangi dampak radikal bebas di rambut
  • Mencegah dan mengurangi keputihan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kalau beberapa tahun silam tanaman herbal lebih sering dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan penyakit, kini tanaman herbal pun mulai dilirik di dunia kecantikan untuk diolah menjadi ragam produk kosmetik. Tak sedikit tanaman herbal yang banyak digunakan untuk tujuan kecantikan, sebut saja Moringa, Kola Nut, hingga Yucca. Nah, kali ini Beauty Journal ingin membahas satu lagi tanaman yang dipercaya dapat mengobati berbagai permasalahan kulit hingga rambut bernama Lady’s Mantle. Seperti apa manfaat yang dihasilkan tanaman ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Lady’s Mantle?

Lady’s Mantle atau nama lain dari Alchemilla Vulgaris merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan pada daerah dengan temperatur sejuk. Sejak turun menurun, tanaman satu ini dipercaya berkhasiat mengobati penyakit. Saat diolah menjadi teh, Lady’s Mantle dapat membantu mengobati diare, nyeri menstruasi, hingga kejang otot. Seiring perkembangan zaman, tanaman satu ini ternyata pun ditemukan juga menyimpan banyak manfaat bagi kulit dan rambut.

Manfaat Lady’s Mantle untuk Kulit

Seperti yang kita ketahui, antioksidan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit. Nah, kabar baiknya, Lady’s Mantle mengandung kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu melindungi kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan. Antioksidan juga akan membantu menyingkirkan radikal bebas, sekaligus memastikan bahwa kulit kamu tetap elastis dan terjaga kesehatannya untuk waktu yang lama. Selain itu, Lady’s Mantle juga terkenal akan keampuhannya untuk mengobati infeksi kulit, eksim, ruam, hingga gigitan nyamuk.

Dikutip dari Healthy Focus, Lady’s Mantle juga mengandung antibakteri dan salicylic acid yang ampuh mengobati dan mencegah jerawat. Sifat astringent di dalamnya mampu menjaga kulit tetap kencang karena bekerja mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit.

Manfaat Lady’s Mantle untuk Rambut

Rambut
Ilustrasi rambut/copyright shutterstock

Antioksidan tidak hanya berperan penting bagi kesehatan kulit saja, namun juga untuk rambut. Oleh sebab itu, kulit kepala yang dioleskan oleh olahan Lady’s Mantle diklaim dapat membantu mengurangi dampak radikal bebas pada rambut, sehingga menjaga sel-sel pada kulit kepala tetap sehat. Sel-sel ini lah yang kemudian memberi manfaat bagi rambut agar terlihat sehat dan berkilau. Hmm, mungkin ini waktunya kamu mencari produk perawatan rambut dengan kandungan Lady's Mantle, nih!

Manfaat Lady’s Mantle untuk Kesehatan

Beberapa orang khususnya di Jerman dan Swedia mempercayai tanaman ini mampu mengatasi beberapa masalah keperempuanan. Misalnya saja masalah menstruasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, infeksi organ intim (vagina) seperti keputihan dan gatal juga dapat diatasi dengan ramuan Lady’s Mantle yang diaplikasikan pada tampon. Tak hanya itu, manfaat Lady’s Mantle juga dapat dirasakan oleh para penderita sakit gigi terutama yang mengalami nyeri setelah cabut gigi. Tanaman ini mampu memudahkan aliran darah, hanya dengan cara dikumur saja. Lengkap sekali, ya, manfaatnya!

Baca juga: Mengukur Kesehatan Vagina dengan Mengetahui Perbedaan Warna Keputihan

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓