Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Micellar Water

Beauty Journal01 Sep 2019, 17:15 WIB
Membersihkan Wajah

ringkasan

  • Tidak mencuci wajah setelah memakai micellar water
  • Terlalu sedikit menuangkan produk ke kapas
  • Menganggap semua micellar water punya kandungan sama
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Paparan polusi, debu, dan sisa makeup yang tidak terangkat dengan sempurna bisa menjadi penyebab utama munculnya masalah kulit. Tak heran jika belakangan produk micellar water banyak dilirik untuk memaksimalkan proses membersihkan wajah. Namun, apakah kamu sudah menggunakan produk ini dengan benar? Pasalnya, meski terkesan sederhana dan mudah diaplikasikan, kenyataanya masih banyak orang yang keliru dalam memaksimalkan penggunaan micellar water. Agar terhindar dari masalah kulit dan bisa memilih produk yang tepat, yuk, ketahui kesalahan apa saja yang kerap dilakukan saat menggunakan micellar water, melalui artikel berikut!

Tidak mencuci wajah setelah memakai micellar water

Micellar water memang memiliki fungsi sebagai pembersih wajah, tetapi bukan berarti terbebas dari kewajiban untuk mencuci muka setelah menggunakan produk ini. Umumnya, micellar water digunakan sebagai langkah pertama dalam proses double cleansing. Micellar water memang ampuh dalam mengangkat kotoran dan sisa makeup di lapisan kulit terluar, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu tetap perlu melanjutkan proses pembersihan dengan produk pembersih dan air mengalir guna memastikan tidak ada residu yang tertinggal.

Terlalu sedikit menuangkan produk ke kapas

Sejatinya memang tidak ada aturan takaran saat menggunakan micellar water dalam membersihkan kotoran dan sisa makeup, tetapi bukan berarti kamu bisa asal menuangkannya. Idealnya, kamu perlu menuangkan micellar water hingga seluruh area kapas basah, namun tidak sampai menetes. Terlalu banyak menggunakan micellar water hingga membuat kapas sangat basah tentu membuat proses membersihkan wajah jadi tidak nyaman, begitu juga saat kamu hanya menuangkan sedikit produk. Selain tidak efektif, menuangkan sedikit produk bisa membuat kulit rentan iritasi, terlebih jika kerap melakukan kesalahan di bawah ini!

Menggosoknya dengan kencang

Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak
Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak

Nah, kebiasaan satu ini bisa dibilang masih banyak dilakukan orang saat menggunakan micellar water. Alih-alih menepuk atau mengusap lembut, kebanyakan orang malah lebih senang menggosok, bahkan dalam gerakan yang cukup keras. Padahal, penggunaan micellar water perlu dilakukan dengan lembut, terlebih di area mata yang cenderung sensitif. Untuk menghapus makeup di area mata, cukup diamkan kapas selama beberapa detik, lalu usap dengan lembut hingga semua produk terangkat. Begitu juga dengan area lainnya, usahakan untuk melakukan gerakan menepuk atau mengusap lembut dan tidak menggosok wajah dengan keras agar kulit tidak iritasi.

Hanya menggunakannya ketika pakai makeup

Hanya mengandalkan micellar water ketika menggunakan makeup saja? Hmm, tampaknya kamu perlu segera mengubah kebiasaan satu ini. Pasalnya, kulit yang tidak menggunakan makeup sekalipun tetap perlu dibersihkan dengan maksimal melalui proses double cleansing. Paparan debu, polusi, dan kotoran saat beraktivitas di luar ruangan, serta sisa produk tabir surya yang tidak dibersihkan secara maksimal bisa menjadi penyebab masalah kulit. Maka itu, dengan atau tanpa makeup, kamu tetap perlu menggunakan micellar water untuk dapatkan wajah yang bersih secara menyeluruh. Dengan begitu, tidak ada residu yang menghambat pori-pori.

Menganggap semua micellar water punya kandungan sama

Membersihkan wajah
Ilustrasi/copyright shutterstock

Meski sama-sama menggunakan nama micellar water, bukan berarti semua produk ini memiliki kandungan dan manfaat yang sama. Ada produk yang hanya mampu membersihkan makeup dan kotoran, tapi ada juga produk micellar water yang turut memberi manfaat baik lain bagi kulit. Misalnya saja Wardah Perfect Bright Tone up Micellar Water. Tak sekadar membersihkan kotoran dan sisa makeup hingga ke pori-pori, produk ini juga punya kemampuan 3 kali lebih bersih dalam mengangkat kotoran dan makeup dibandingkan produk lainnya. Selain itu, kandungan cucumber extract-nya juga pas sekali untuk menyegarkan kulit yang lelah. Last but not least, Wardah juga menyempurnakan produk pembersih ini dengan formula khusus yang mampu membuat wajah lebih cerah seketika. Jika tertarik, produk ini bisa didapatkan di berbagai toko kecantikan dan gerai Wardah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan harga Rp25.500 saja.

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang tanpa disadari kerap dilakukan banyak orang saat membersihkan wajah dengan micellar water. Agar hasilnya lebih optimal, yuk, lebih cermat lagi dalam menggunakan produk pembersih yang satu ini!

Baca juga: Review: Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition, Solusi Praktis untuk Bibir Kering dan Pecah-Pecah

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓