Tips Memanjangkan Rambut dalam Kurun Waktu 2 Bulan Menurut Trichologist

Beauty Journal31 Agu 2019, 11:35 WIB
Rambut

ringkasan

  • Konsumsi makanan kaya akan protein
  • Kenali kandungan yang dibutuhkan rambut
  • Hindari konsumsi makanan bermerkuri dan susu berlemak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda. Ada yang cepat tumbuh, ada pula yang harus menunggu waktu lama untuk panjang. Menurut Anabel Kingsley, seorang trichologist dan pakar rambut di Philip Kingsley, ada tiga tahap siklus pertumbuhan rambut, yaitu Anagen (fase pertumbuhan), Catagen (fase perantara), dan Telogen (fase pelepasan atau isitirahat). "Rata-rata, rambut tumbuh setengah inci dalam sebulan. Pada umumnya, rambut akan tumbuh sebanyak enam inci selama satu tahun," jelas Kingsley. Jika menurutmu jumlah tersebut terlalu sedikit, sabar dulu. Kingsley memiliki tips agar rambut dapat cepat rambut dalam kurun waktu 2 bulan saja.

Konsumsi makanan kaya akan protein

Tanpa disadari, makanan yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada kesehatan rambut, termasuk saat sedang diet. Kingsley menyarankan untuk tidak mengurangi protein dan makanan bergizi lainnya. "Saya sarankan semua orang mengonsumsi suplemen protein harian. Ini karena rambut kamu terbuat dari protein." Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat dan zat besi kompleks yang cukup untuk membantu pertumbuhan rambut. "Karbohidrat kompleks memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan, sedangkan feritin dapat membantu menjaga rambut saat dalam fase Anagen," tambahnya.

Hindari konsumsi makanan bermerkuri dan susu berlemak

Tidak semua makanan baik untuk pertumbuhan rambut. "Coba hindari ikan yang kaya akan merkuri, seperti tuna," sarannya. Tingkat merkuri yang tinggi dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. "Jika rambut berketombe, kurangi produk susu yang penuh lemak, seperti keju. Ini dapat memicu pengelupasan ada kulit kepala dan gatal-gatal."

Frekuensi mencuci rambut

Begini Cara yang Tepat untuk Mencuci Rambut Anda
Bagaimana cara Anda mencuci rambut Anda selama ini? Berikut ini adalah cara yang tepat untuk mencuci rambut.

Tidak ada jawaban yang akurat tentang berapa kali kamu sebaiknya mencuci rambut. Sebagian orang bahkan ada yang kerap menggunakan dry shampoo untuk menjaga agar rambut tetap dalam kondisi sehat. "Jangan pernah ragu untuk mencuci rambutmu," saran Kingsley. Semakin sering mencuci rambut, maka dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Hal itu sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Lady's Mantle yang Menyimpan Ragam Manfaat Bagi Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Kurangi penggunaan hair tools

Semakin banyak rambut yang rusak, maka semakin lambat pula pertumbuhannya. Sahabat Fimela mungkin kerap menggunakan hairdryer dengan daya panas tinggi di pagi hari untuk menghemat waktu. Tanpa disadari, kamu justru membayar kebiasaan buruk ini dalam jangka waktu panjang. "Jangan menarik rambut dengan sisir terlalu kasar atau menggunakan hairdryer dengan daya panas yang tinggi," ucapnya.

Kenali kandungan yang dibutuhkan rambut

Rambut
Ilustrasi rambut/copyright shutterstock

Jika perawatan rambut yang intens sulit dilakukan, kamu bisa mengakalinya dengan mencari produk perawatan rambut, seperti sampo yang mengandung kandungan berikut ini:

  • Menthol yang berfungsi sebagai perangsang tumbuhnya rambut.Piroctone olamine sebagai antimikroba yang membantu membersihkan kulit kepala yang mengelupas dan gatal.
  • Methyl nicotinate sebagai zat yang dapat membantu efektivitas bahan lainnya.
  • Betaine salicylate sebagai pengelupasan yang dapat diformulasikan menjadi masker kulit kepala untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Merupakan hal yang normal jika rambut menjadi rontok, karena ini termasuk bagian dari siklus pertumbuhan rambut. Yang penting, pastikan kulit kepala dan tubuh kamu sehat, sehingga sangat memungkinkan untuk mendorong pertumbuhan rambut dengan cepat.

Baca Juga: Beragam Jenis Vitamin yang Membantu Mengatasi Masalah Rambut Rontok dari Dalam

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓