Mengenal Mugwort, Kandungan Skincare yang Bermanfaat bagi Kecantikan

Beauty Journal31 Agu 2019, 18:35 WIB
Mugwort

Fimela.com, Jakarta Industri kecantikan Korea Selatan, salah satunya dalam dunia perawatan kulit tengah berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Inovasi dengan mengandalkan beragam bahan-bahan alami yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk skin care pun berhasil mencuri perhatian dan diikuti oleh para beauty enthusiast di banyak negara, termasuk Indonesia. Masih segar diingatan kita, saat kandungan snail mucin yang kaya akan hyaluronic acid, glycolic acid, dan copper peptides dalam beragam produk perawatan yang ditawarkan oleh berbagai merek skin care asal Negeri Ginseng ini.

Selang beberapa waktu, tren snail mucin pun bergeser dengan hadirnya centella asiatica, dan tren paling terbaru adalah penggunaan mugwort sebagai kandungan utama berbagai produk perawatan kulit. Hmm, kira-kira apa yang menjadi kelebihan Mugwort dan manfaatnya bagi kulit, hingga tanaman ini begitu populer dan banyak diminati oleh para skin care enthusiast Korea Selatan?

Apa itu Mugwort?

Mugwort
Mugwort/copyright shutterstock

Dilansir dari halaman The Klog, mugwort atau yang dalam Bahasa Korea memiliki nama ssuk ini merupakan tanaman herbal sejenis teh yang telah digunakan selama beberapa generasi dalam dunia pengobatan tradisional, perawatan kulit dan kuliner Korea. Dalam pengobatan tradisional Korea, mugwort dikenal sebagai bahan "penghangat" untuk tubuh dan telah digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan sirkulasi, meredakan nyeri otot, ataupun melancarkan sirkulasi haid. Hingga saat ini mugwort biasa digunakan sebagai bahan herbal di pemandian Korea, atau jjimjilbangs, untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Dikutip dari Allure, seorang dermatolog asal Austin, Amerika Serikat, mengatakan jika mugwort memiliki kandungan anti-oksidan yang sama dengan Vitamin C. Sedangkan, ahli kimia dan kosmetik, Ginger King menyebutkan jika tanaman yang juga dikenal dengan nama latin Artemisia Vulgaris ini mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, serta Vitamin E. Bukan itu saja, tanaman herbal yang juga tumbuh subur di Amerika ini dipercaya memiliki efek menenangkan kulit.

Manfaat Mugwort bagi Kecantikan

Perawatan Wajah
Ilustrasi/copyright shutterstock

Seperti centella asiatica, mugwort memiliki sifat anti-inflamasi yang menjadikannya mampu mengatasi masalah kulit kering, kemerahan, beruntusan, dan kulit sensitif. Selain itu, mugwort juga kaya antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu proses produksi kolagen untuk menjadikan kulit terlihat glowing. Masih dilansir dari Allure, Ahli dermatolog yang berpusat di New York City, Rachel Nazarian mengatakan jika skin care dengan kandungan mugwort merupakan perawatan yang cocok untuk kondisi kulit seperti eksim, dermatitis atopic, dan psoriasis. Sedangkan kandungan Vitamin E yang ada di dalamnya dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Kandungan anti-bacterial pada mugwort juga berfungsi untuk membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat, sementara anti-inflamasi dan efek menenangkan yang dimiliki dapat meredakan jerawat yang tengah meradang.

Karena tengah menjadi kandungan yang tren dalam industri kecantikan di Korea Selatan, maka kamu bisa menemukan dengan mudah berbagai produk perawatan kulit yang memanfaatkan tanaman mugwort. Hmm, bagaimana, tertarik mencoba kandungan alami satu ini?

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓