Aman Dicoba, Begini Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Sampai Tuntas

Zaki Baldan02 Sep 2019, 00:01 WIB
Aman Dicoba, Begini Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Sampai Tuntas

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak ingin punya wajah cantik dan bersih dari noda hitam bekas jerawat? Tentu saja hampir setiap orang menginginkannya, terlebih bagi perempuan. Sayangnya, bagi sebagian perempuan, bukan perkara gampang untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat sampai tuntas.

Noda hitam bekas jerawat ini muncul sebagai akibat hiperpigmentasi pasca inflamasi. Proses tersebut terjadi karena pembentukan pigmen yang berlebihan akibat peradangan. Biasanya pada saat timbul jerawat, daerah jerawat berwarna kemerahan dan sakit akibat peradangan yang terjadi. Hal itulah yang kemudian akan menyebabkan hiperpigmentasi.

Masalahnya, sebagian orang memiliki kebiasaan memencet jerawat. Padahal hal tersebut dapat memperburuk kondisi jerawat, hingga berakibat infeksi. Efek buruknya, noda yang terbentuk nantinya bakal lebih hitam, dan semakin susah dihilangkan.

Meski begitu, bukan artinya nggak ada cara untuk mengatasinya. Ada banyak produk krim dan perawatan wajah yang bisa dipilih untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat lebih cepat. Krim tersebut biasanya mengandung bahan pencerah kulit, seperti Hidroquinon. Bahan tersebut dikombinasikan dengan steroid topical, Asam Glikolat, Asam Askorbat, Retinoid, Arbutin dan zat aktif lainnya yang direkomendasikan dokter, sesuai kebutuhan setiap jenis kulit yang dimiliki.

Selain itu, peeling dan penggunaan zat aktif yang bersifat eksfoliasi atau yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat dapat menjadi pilihan. Tentu saja hal tersebut perlu dilakukan oleh dokter yang berkompeten di bidangnya. Hal ini karena peeling memiliki beragam jenis dan konsentrasi, sehingga dokter perlu menentukannya sesuai kebutuhan kulit. Dengan begitu, efek samping seperti iritasi dan alergi dapat diminimalkan.

Nggak kalah aman, kamu juga bisa memilih perawat menggunakan laser. Perawatan ini dapat dipilih untuk menghilangkan noda bekas jerawat, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif pada zat aktif tertentu, lantaran peeling ini bersifat asam.

Nah, untuk memastikan jenis produk maupun perawatan yang tepat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat sampai tuntas, kamu perlu konsultasi dulu ke dokter kecantikan terpercaya. Sebab, salah memilih produk dan perawatan, justru dapat memperburuk hiperpigmentasi pada noda bekas jerawat.

Kabar baiknya, kamu nggak perlu lagi bingung mau konsultasi ke dokter kecantikan yang tepat. Sebab, kamu bisa langsung berkunjung ke EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center yang ada di Rumah Sakit EMC Sentul. Tim Dokter Estetik EMC adalah anggota IKLASI (Ikatan Kedokteran Laser Indonesia) yang sudah terbukti komitmennya dalam memberikan pelayanan kecantikan terbaik.