Ketahui Penyebab Kulit Wajah Kusam yang Paling Sering Disepelekan

fitriandiani05 Sep 2019, 07:30 WIB
Ilustrasi wajah

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang kusam dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, apalagi bagi perempuan. Masalah ini sebenarnya tidak 'darurat' dibanding permasalahan kulit bagian tubuh yang lain.

Ketika kamu berkaca dan melihat wajahmu kusam, jangan langsung panik dan berpikir jauh-jauh. Sebab tanpa disadari, kulit wajah yang kusam seringkali disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari.

Coba yuk, simak di bawah ini. Kebiasaan mana yang masih sering kamu lakukan? Barangkali, salah satu dari ini adalah penyebab kulit wajah menjadi kusam.

1. Dehidrasi

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk mendistribusikan oksigen melalui darah, termasuk ke bagian wajah. Aliran darah dan oksigen yang lancar akan membuat kulit wajah terlihat cerah dan sehat. Sebaliknya, ketika kamu kekurangan cairan wajahmu akan terlihat kusam.

2. Salah skincare

skincare
Ilustrasi skincare korea/copyright shutterstock by Africa Studio

Coba cek satu persatu produk skincare yang rutin digunakan, apakah ada yang membuat kondisi kulit tidak seimbang karena tidak cocok dengan jenis kulitmu? Misal, kulitmu kering dan kamu pakai pembersih wajah berbentuk foam. Itu tidak cocok karena akan membuat kulit semakin kering dan akhirnya terlihat kusam. Ketahui jenis kulitmu, dan pilih skincare yang bisa menyeimbangkan kondisinya.

3. Kurang tidur

Kulit beregenerasi ketika kita tidur. Jika kita tidak tidur dan beristirahat ketika waktunya kulit beregenerasi, proses regenerasi tidak akan berjalan optimal. Akibatnya, sel kulit mati menetap di wajah lebih lama dan membuatnya tampak kusam.

Kalau tidak mau kulitmu kusam, mulai atasi dari hindari 3 kebiasaan tersebut, yuk!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓