Perawatan Kulit ala Yunani Kuno yang Wajib Dicoba

Beauty Journal04 Sep 2019, 11:35 WIB
Perawatan

ringkasan

  • Masker Madu untuk Wajah
  • Yoghurt untuk Peeling
  • Pomegranate untuk Lawan Penuaan Dini
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa kata 'kosmetik' berasal dari kata Yunani 'kosmetikos' yang memiliki arti rasa harmoni, keteraturan, dan ketenangan? Tak hanya menjadi negara asal muasal kata kosmetik, sejak beribu tahun silam, masyarakat Yunani kuno juga memiliki berbagai rahasia kecantikan yang mengandalkan bahan alami. Bahkan, bahan-bahan alami ini pun masih digunakan hingga saat ini, lho! Apa saja ya perawatan kulit ala Yunani.

1. Masker Madu untuk Wajah

Mulai dari menjaga kesehatan tubuh, hingga untuk perawatan kulit dan rambut, penggunaan madu untuk kecantikan sudah dilakukan oleh masyarakat Yunani kuno sejak bertahun-tahun silam. Salah satunya, dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Kandungan polisakarida yang terdapat dalam madu dapat bekerja layaknya spons yang mampu menyerap kadar air di udara ke dalam kulit. Sifat hydro-retensive madu juga dapat membantu mempercepat produksi kolagen hingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Tak berhenti sampai di situ saja, salah satu jenis madu asli Yunani yang disebut dengan madu thyme juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi, asam amino, dan flavonoid, yang bekerja sebagai antioksidan dan memelihara kondisi kulit kering. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu juga dapat menggunakan produk skin care yang menggunakan madu sebagai kandungan utamanya.

Baca Juga: Tak Hanya Kulit, Madu juga Menyimpan Beragam Manfaat untuk Kesehatan Rambut

2. Eksfoliasi dengan garam laut

Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur, garam laut menyimpan banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit. Garam laut telah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat Yunani kuno dan Mesir sebagai eksfoliator alami. Masyarakat Yunani kuno biasanya mencampurkan garam laut dengan minyak zaitun, kemudian menggunakannya untuk melakukan eksfoliasi wajah maupun tubuh. Tak hanya itu, garam laut juga dapat melakukan detoks pada kulit, membantu mengangkat sel kulit mati dan racun pada kulit, mengontrol produksi minyak, hingga mencegah jamur pada kulit berkat sifat antiseptiknya. Karena manfaatnya, garam laut semakin banyak digunakan untuk merawat kulit. Bahkan, seorang beauty blogger yang mengunjungi Jepang melihat para geisha melakukan perawatan kulit menggunakan garam laut dan mencampurkannya dengan beberapa bahan lainnya untuk miliki kulit yang flawless, lho!

Baca Juga: Ingin Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami? Yuk, Coba Manfaatkan Garam Laut!

3. Yoghurt untuk Peeling

[Fimela] Yogurt
Yoghurt | unsplash.com/@wesual dan unsplash.com/@foodbymars

Sering mendengar nama Greek yoghurt, Sahabat Fimela? Well, produk olahan susu yang satu ini berasal dari Yunani dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat Yunani sejak ribuan tahun lalu untuk merawat kecantikan kulit. Masyarakat Yunani kuno juga memanfaatkannya untuk membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati dan juga menyamarkan tampilan pori-pori yang besar. Sebagai bentuk alami dari lactic acid, yoghurt dapat digunakan sebagai peeling karena kandungan AHA di dalamnya. Yoghurt juga mengandung zinc yang dapat digunakan untuk melawan kulit kusam.

Jika kamu berminat menggunakannya, campurkan yoghurt dan olive oil dengan perbandingan 1:4. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher, diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Dengan efek soothing-nya, yoghurt juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit yang terbakar sinar matahari dan juga membantu melawan jerawat.

Baca Juga: 5 Produk Skin Care Dengan Kandungan Yogurt yang Baik untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

4. Minyak Zaitun sebagai Pelembap

Minyak zaitun
Ilustrasi/copyright shutterstock

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, polyphenol, phytosterols, oleic acid, hingga squalene yang bagus untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Karena ragam manfaat tersebut masyarakat Yunani kuno sampai menyebut dan menganggap minyak zaitun bak ‘cairan emas’ yang sangat berharga. perempuan pada zaman Yunani kuno tak hanya memanfaatkannya sebagai pelembap alami bagi kulit, tapi juga mengkamulkannya untuk mempertahankan elastisitas kulit agar tampak lebih awet muda dan terlindungi dari radikal bebas.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kelembapan Kulit dengan 5 Rekomendasi Produk Minyak Zaitun Milik Brand Lokal Ini!

5. Pomegranate untuk Lawan Penuaan Dini

Tak hanya menjadi lambang kehidupan, kesuburan, hasrat, dan juga kekuatan dalam mitologi Yunani, buah delima atau pomegranate juga memilik kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi. Berkat kandungannya, masyarakat Yunani kuno banyak memanfaatkan buah delima atau pomegranate untuk melawan tkamu-tkamu penuaan dini. Hingga kini, terdapat banyak produk kecantikan yang memanfaatkan buah delima sebagai bahan utamanya karena memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Mulai dari menghidrasi kulit, membantu produksi kolagen, mencegah penuaan dini hingga melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baca Juga: Dikenal Kaya Akan Anti-Oksidan, Ini Deretan Produk Skin Care Lokal dengan Kandungan Pomegranate

Bagaimana tertarik untuk mencoba perawatan ala Yunani? Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓