Manfaat Bunga Sakura untuk Kecantikan yang Wajib Diketahui

Beauty Journal09 Sep 2019, 18:35 WIB
Tips Kecantikan

ringkasan

  • Salah satu manfaat bunga sakura yang paling banyak diketahui adalah keampuhannya untuk mencerahkan warna kulit
  • Sakura memiliki kandungan soothing, sehingga dapat membantu merawat kulit yang iritasi atau meradang
  • Memberikan hidrasi atau kelembapan pada kulit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jika mendengar nama Negara Jepang, tak mungkin rasanya jika tidak teringat dengan bunga sakura yang menjadi ikonnya. Bunga yang selalu berkemaran di musim semi ini pun kerap ditemukan dalam berbagai produk kecantikan. Pasalnya, bunga ini ternyata menyimpan beragam kandungan bermanfaat seperti anti-oksidan, fatty acid, melatonin, hingga minyak alami yang baik untuk kulit. Kaya manfaat, kira-kira apa saja khasiat bunga merah muda ini bagi kecantikan, ya? Yuk, cari tahu di sini!

Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga sakura yang paling banyak diketahui adalah keampuhannya untuk mencerahkan warna kulit. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Heimat.Ltd, sakura memiliki kandungan melatonin dan caffeic acid yang mampu menghambat proses pembentukan melanin, di mana melanin adalah penyebab masalah hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit menggelap. Selain itu, sakura juga memiliki kandungan brightening agent yang akan membuat kulit tampak lebih cerah.

Sebagai Anti-aging

Berkat kandungannya yang kaya akan anti-oksidan, bunga sakura dapat membantu menangkal efek buruk radikal bebas, seperti tanda penuaan, hiperpigmentasi, maupun kulit kusam. Tak hanya itu saja, bunga sakura juga mengandung anti-glycation agent dan fatty acids yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

Manfaat Sakura yang Lainnya

Tips cantik
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Mengatasi Iritasi Kulit Hingga Sun Burn

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Universitas Guangzhou, bunga khas Jepang ini juga memiliki kandungan soothing, sehingga dapat membantu merawat kulit yang iritasi atau meradang, seperti akibat jerawat atau terbakar matahari. Menurut Cosmetic Design Europe, untuk membuktikan manfaat Bunga Sakura dalam mengatasi masalah iritasi kulit, telah dilakukan penelitian terhadap 40 orang yang menggunakan 2% ekstrak Bunga Sakura pada kulit yang teriritasi. Hasilnya, dalam kurun waktu 24 jam ruam kemerahan pada kulit pun berkurang.

Melembapkan Kulit

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari bunga sakura untuk kecantikan adalah kemampuannya untuk memberikan hidrasi atau kelembapan pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fatty acids dan minyak alami yang dapat menjaga kelembapan pada kulit, sehingga kulitmu akan terhindar dari masalah kulit kering. Setelah tahu manfaat kecantikan yang bisa kita dapatkan dari Bunga Sakura untuk kulit, apakah kamu tertarik menggunakan produk kecantikan dengan kandungan ekstrak sakura?

Baca Juga: Selain Kerap Dijadikan sebagai Pengobatan Herbal, Bunga Dandelion juga Punya Berbagai Manfaat Kecantikan, Lho!

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓