5 Manfaat Lain Bengkuang yang Perlu Diketahui

Beauty Journal15 Sep 2019, 11:35 WIB
Tips cantik

ringkasan

  • Membantu Mengatasi Jerawat
  • Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati
  • Menjaga Kesehatan Tulang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selain kerap ditemukan dalam santapan rujak, yam bean alias bengkuang adalah buah yang juga populer karena manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Tak heran, buah yang tergolong umbi-umbian ini menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti masker, lulur, scrub, hingga pelembap. Kaya akan kandungan vitamin A, C, E, asam folat, dan juga asam pantotenat, bengkuang juga dipercaya memiliki beragam manfaat, baik bagi kecantikan maupun kesehatan, lho! Yuk, simak di sini manfaatnya!

Membantu Mengatasi Jerawat

Selain mengandung beragam vitamin, di dalam buah yang dalam Bahasa Spanyol bernama Jicama ini juga terkandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menenangkan jerawat meradang. Tak hanya itu saja, dilansir dari Dr Heben, menggunakan masker dari buah bengkuang yang dihaluskan secara teratur juga dapat membantu untuk menyamarkan noda bekas jerawat ataupun flek hitam pada wajah berkat kandungan vitamin A dan C di dalam buah ini. Jika tidak memiliki waktu untuk membuat masker dari buah bengkuang sendiri, kamu juga dapat menggunakan masker wajah dengan kandungan yam bean yang djual di pasaran.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Kotoran dan debu yang menempel di kulit yang tidak dibersihkan secara maksimal menjadi salah satu faktor yang dapat membuat tumpukan sel kulit mati semakin banyak. Hal ini pun akan membuat kulit menjadi terlihat kusam, serta menyebabkan berbagai masalah kulit seperti pori-pori tersumbat hingga jerawat. Untuk itu sangat penting untuk melakukan eksfoliasi guna mengangkat sel-sel kulit mati yang ada. Salah satu cara alami untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan menggunakan parutan buah bengkuang sebagai scrub. kamu bisa memakai scrub dari buah bengkuang untuk kulit wajah ataupun tubuh. Selain dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati, vitamin yang ada di dalam buah ini pun akan membantu menutrisi kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Tips Cantik
Ilustrasi wajah perempuan/copyright shutterstock

Di dalam buah bengkuang terdapat vitamin A dan C yang kaya kandungan anti-oksidan, sehingga buah yang dapat dengan mudah ditemukan di negara-negara beriklim tropis ini pun dipercaya dapat membantu kulit untuk melawan tkamu-tkamu penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, dilansir dari Dailycruz sifat anti-inflamasi yang ada di dalam bengkuang juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang terbakar sinar matahari, dan vitamin E yang terdapat dalam buah ini pun dapat membantu serta menjaga kelembapan kulit.

Meringankan Gejala Menopause

Dilansir dari Stylecraze, bengkuang memiliki kandungan diosgenin, zat yang membantu mengatasi masalah hormon reproduksi, sehingga dapat meringankan gejala menopause dan sindrom pramenstruasi alias PMS. Pada halaman yang sama juga dikatakan bahwa ada penelitian yang menyatakan jika diosgenin juga dipercaya bisa meredakan gejala menopause tanpa efek samping. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi yam bean dapat meningkatkan kinerja hormon reproduksi, lipid, dan anti-oksidan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Yoga
Ilustrasi yoga/copyright shutterstock

Selain kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh dan kulit, yam bean juga memiliki kandungan beragam mineral seperti magnesium, copper, dan zat besi yang penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral ini diyakini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, serta berkhasiat untuk mendorong penyembuhan dan pertumbuhan tulang yang rusak.

Baca Juga: Mengenal Mugwort, Kandungan Skin Care yang Sedang Naik Daun di Korea Selatan dan Manfaatnya bagi Kecantikan

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓