Serba-Serbi Penggunaan Asam Lemak di Kulit Wajah

Annissa Wulan10 Sep 2019, 18:00 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Asam lemak biasanya ditemukan dalam lemak dan minyak, namun juga merupakan komponen kunci dari stratum corneum, lapisan pelindung luar kulit. Saat ini, sedang populer untuk menambahkan kembali asam lemak di kulit wajah dengan penggunaan berbagai produk skincare, apa kamu juga melakukannya?

Dilansir dari self.com, Selasa (10/9/2019), asam lemak adalah rangkaian dari hidrokarbon yang juga memiliki fungsi sebagai asam karboksilat. Seringkali terlihat dalam bentuk trigliserida pada kulit yang merupakan bagian terbesar dari lipid padat dan cair, sifat fisik dan kimianya tergantung pada proporsi dan jenis asam lemak yang dikandung.

Semakin tinggi konsentrasi asam lemak jenuh, akan semakin tebal dan padat lemak tersebut, sebaliknya, semakin tinggi konsentrasi asam lemak tak jenuh, akan semakin tipis dan banyak cairan. Inilah yang membuat asam lemak, khususnya asam lemak tak jenuh tertentu sangat penting untuk kulit yang sehat.

 

 

Fungsi asam lemak esensial pada kulit

Cantik
Ilustrasi tren kecantikan/copyright shutterstock

Asam lemak esensial biasanya didapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti ikan, kacang- kacangan, biji-bijian, dan minyak. Penghalang kulit bergantung pada asam lemak esensial ini agar dapat berfungsi dengan baik.

Asam lemak yang sudah ada di kulit melakukan tiga hal, yaitu mengurangi kehilangan air trans epidermal, antimikroba, dan antiinflamasi. Jika salah satu dari fungsi ini terganggu, pelindung kulit juga akan terganggu.

Penghalang yang sehat sangat penting untuk menciptakan kondisi kulit yang halus dan terhidrasi. Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan minyak nabati dengan kandungan asam lemak esensial dalam jumlah tinggi, seperti minyak biji bunga matahari dapat membantu memperbaiki penghalang kulit.

Hindari penggunaan asam lemak tambahan pada kulit sensitif

Produk kecantikan
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Selain itu, ada beberapa bukti bahwa penggunaan asam lemak juga dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap matahari. Lantas, apakah masih perlu menambahkan penggunaan asam lemak di kulit wajah?

Jika kamu tidak memiliki kekurangan asam lemak esensial, tidak perlu menambahkan penggunaan asam lemak apapun ke dalam rutinitas kecantikan. Terakhir, berhati-hatilah, khususnya bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan berminyak atau rawan berjerawat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓