8 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Awet Muda

Vinsensia Dianawanti10 Sep 2019, 19:30 WIB
Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Bertambah tua pasti, tampil awet muda belum tentu. Ungkapan ini benar adanya karena tampil awet muda bukan hanya dari penggunaan produk yang digunakan. Melainkan justru dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Menurut American Academy of Dermatology menyebut tentang bagaimana mencegah tanda penuaan terlihat yang dimulai dari gaya hidup. Melansir dari Real Simple pada Selasa (10/9/2019) delapan kebiasaan berikut ini ternyata bisa membuatmu tampil awet muda.

1. Jangan merokok

Merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan menyebabkan keriput, kulit kusam, dan pucat. Dengan berhenti merokok akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

2. Pola makan yanng baik

Pola makan penuh karbohidrat dan gula bisa mempercepat penuaan. Penting untuk memiliki diet yang seimbang yang mengandung antioksidan, protein, dan lemak sehato. Hindari terlalu banyak makanan glikemik tinggi yang bermanfaat untuk kulit. Konsumsi air secara rutin juga menambah asupan pada tubuh.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga bisa menjadi kebiasaan gaya hidup lain yang terhubung dengan manfaat positif untuk mental hingga fisik. Meningkatkan sirkulasi tubuh dan sistem kekebalam tubuh membuat terlihat lebih muda.

 

4. Mengurangi konsumsi alkohol

Ilustrasi penuaan
Ilustrasi penuaan (Foto: unsplash.com/ Anastasiia Tarasova)

Selain merokok, mengonsumsi alkohol juga menyebabkan penuaan pada kulit. Alkohol sendiri bersifat diuretik yang membuat seseorang akan lebih sering buang air kecil. Alkohol akan membuat tubuh dehidrasi yang membuat kulit lebih kasar dan lebih tua.

5. Melembapkan kulit

Dengan pelembap akan menjebak air dalam kulit, yang membuat penampilannya lebih mudah. Cari lotion yang mengandung SPF untuk melembapkan sekaligus menghidrasi.

6. Cuci wajah setidaknya dua kali sehari

Mulailah dengan pembersih berbasis minyak yang berfungsi menghilangkan kotoran tanpa mengeringkan kulit. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari. Atau ketika berkeringat hebat sehingga keringat tidak menempel pada kulit dan menyebabkan iritasi.

 

7. Menghentikan produk yang mengiritasi

Ilustrasi kulit antipenuaan dini
Rawat kulit agar terhindar dari penuaan dini. (Foto: unsplash.com)

Beberapa produk perawatan kulit, terutama produk dari dokter akan menyebabkan fringe pada kulit. Namun jika suatu produk membakar atau melukai kulit, ini akan membuatnya tampak lebih tua karena iritasi.

8. Pertimbangkan ekspresi wajah

Dengan banyak senyum konon akan melatih otot wajah yang membuatnya tampak lebih muda. Kenyataannya, mengeluarkan ekspresi terlalu sering di wajah justru akan meninggalkan garis wajah yang membekas. Sehingga tidak ada salahnya mulai pilih-pilih untuk mengekspresikan perasaan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓