Blackheads Gagal Terangkat Strip Pore, Tandanya Bukan Komedo

fitriandiani11 Sep 2019, 07:30 WIB
Komedo

Fimela.com, Jakarta Komedo warna hitam yang bersembunyi di bawah lapisan kulit memang menyebalkan. Jenis komedo blackheads ini lebih susah dihilangkan dibanding whitehead. Jika dipencet dengan paksa, bisa berujung inflamasi dan malah menimbulkan jerawat.

Cara terbaik untuk menghilangkan blackheads adalah dengan pore strip. Kamu sudah pernah menggunakannya? Efektif kah?

Jangan keburu meremehkan kerja pore strip. Kalau kamu menggunakannya dan merasa tidak semua blackheads itu bisa terangkat, yang salah bukan pore stripnya.

"Jika tidak terangkat, maka itu mungkin bukan blackheads karena seharusnya kamu tidak perlu memencetnya," kata dr Sandra Lee, MD, dikutip dari InStyle. Ia juga mengatakan, bila kamu sampai harus memencet 'blackheads' itu agar keluar, berarti itu bukan blackheads dan harus dengan bantuan dermatologis untuk menghilangkannya.

 

Persiapan Sebelum Angkat Blackheads dengan Strip Pore

Pore strip/komedo/blackhead
Pore strip/komedo/blackhead. (Foto: shutterstock.com By ViChizh)

Menurut dr Lee, persiapan adalah faktor penting untuk pengangkatan blackheads dengan strip pore. Ia menganjurkan melakukan cara-cara berikut sebelumnya;

1. Cuci muka dengan air hangat untuk membuat kulit lembut dan membuka pori-pori, serta komedo di baliknya melunak hingga jadi mudah diangkat.

2. Gunakan pembersih mengandung salicylic acid untuk eksfoliasi.

Yang terpenting, perhatikan reaksi kulit saat kamu mencoba membersihkan blackheads dari wajah. Jika merasa ada yang salah, jangan dipaksakan, dan yang terpenting persiapkan dirimu dengan langkah yang disebut dr. Lee di atas.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓