Apakah Retinol Benar Bisa Memperbaiki Kulit?

fitriandiani12 Sep 2019, 18:30 WIB
Penggunaan Retinol

ringkasan

  • Retinol adalah kandungan skincare yang jadi primadona dalam dunia kecantikan
  • Retinol dapat mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kusam sampai kerutan
  • Kendati banyak khasiatnya, retinol cukup tricky digunakan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Retinol merupakan salah satu zat primadona dalam perawatan kecantikan kulit. Kandungan yang merupakan turunan vitamin A ini banyak terdapat dalam skincare khususnya yang bertujuan nuntuk mengatasi garis halus, kerutan, jerawat, kulit kusam, dan pori-pori besar.

Apakah retinol bekerja dengan efektif? Jawabannya, ya! Asal, cara pengaplikasiannya tepat. Sebab retinol cukup tricky, ada kondisi ia tidak bisa bekerja dengan efektif, atau malah membuat kulit iritasi.

Retinol bekerja memperbaiki kondisi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mendorong proses peremajaan kulit. Retinol juga akan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit, namun retinol tidak bisa menunjukkan hasilnya dalam semalam saja.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Retinol

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Retinol sensitif terhadap matahari, karenanya tidak dianjurkan untuk pakai skincare berbahan retinol di siang hari. "Alasan terpenting untuk tidak menggunakan retinol di malam hari adalah karena sebagian besar kandungannya bisa berubah jadi tidak aktif karena sinar matahari," ujar dr. Shari Marchbein, dermatologis ahli, dikutip dari InStyle.

Dokter Marchbein juga menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih di siang hari selama menggunakan retinol, plus tidak menggunakannya berbarengan dengan vitamin C karena bisa menimbulkan iritasi. Frekuensi terbaiknya adalah 3 kali dalam seminggu untuk mencegah over exfoliate, terutama di awal pemakaian.

 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓