Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?

Karla Farhana12 Sep 2019, 07:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Serum Wajah

Fimela.com, Jakarta Repotnya memiliki kulit berminyak bukan hanya kerap membuatmu harus membawa Kertas Penyerap Minyak Wajah. Tetapi juga memilih skincare yang paling cocok untuk jenis kulitmu. Biasanya, skincare yang diperuntukkan kulit berminyak harus ringan dan dapat mengurangi minyak berlebih yang diproduksi kulit. 

Jika salah memilih skincare, breakout dan jerawat akan muncul. Keduanya juga bisa disebabkan terlalu banyak lapisan skincare yang digunakan, sehingga pori-pori tersumbat. Padahal, ada beberapa serum yang memang diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah kulit yang dimiliki. 

Serum diperlukan bahkan bagi kulit berminyak. Dilansir dari StyleCraze, serum akan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terpelihara. Sebum alamimu sebenarnya sudah menyelimuti lapisan kulit terluar. Lantas, kenapa tetap harus menggunakan serum?

Manfaat Serum untuk Kulit Berminyak

Perawatan untuk Hilangkan Kerutan dan Bekas Jerawat
Berikut perawatan terbaru dari The Clinic Beautylosophy untuk menghilang berbagai permasalahan kulit dengan Franctional RF. (Foto: iStockphoto)

Jadi, serum ini mengandung active ingredients yang dapat menyerap ke dalam kulit dengan lebih cepat dibandingkan dengan pelembap dan krim. Serum, tulis StyleCraze, juga berguna untuk menyeimbangkan kembali sebum yang berlebihan pada kulit wajah, sehingga tetap terpelihara. 

Sayangnya, tidak semua serum cocok untuk kulit wajah berminyak. Ada beberapa ciri-ciri serum yang tidak akan clog the pores, sehingga kamu bisa menggunakan serum dengan bebas tanpa takut berjerawat. 

Serum yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Serum Wajah
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Pertama-tama, jangan terpaku pada label 'untuk kulit berminyak.' Pilih serum yang dapat mengontrol kadar minyak berlebih pada kulitmu. Selain itu, pilih bahan-bahan yang bisa mengecilkan pori-pori, sperti Alaskan glacier. 

Kamu juga bisa memilih serum yang sama sekali tidak mengandung minyak, alias oil-free. Sehingga, selain mengontrol kadar minyak, serummu juga tidak akan menambah minyak pada kulit wajah. Make sense?

 

Terakhir, kamu juga bisa memilih serum yang mengandung lactic acid. Kandungan ini berguna memperbaiki tekstur kulit, serta mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓