Agar Selalu Terlihat Rapi, Hindari 5 Penyebab Rambut Kusut

Karla Farhana16 Sep 2019, 07:30 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Menyisir rambut memang bukan hanya soal merapikan dan menata. Tetapi, juga demi kesehatan kulit kepala dan memeperlancar peredaran darah. Tentu saja, tidak menyisir rambut akan membuat mahkota alamimu terlihat kusut.

Namun, ini bukan satu-satunya penyebab rambut kusut. Pasalnya, kadang rambut yang sudah disisir tetap saja akan kusut ketika tertiup angin. Atau, cuaca yang panas sekali pun juga membuat rambut menjadi kusut. 

Ternyata, StyleCraze menulis, rambut kusut memiliki begitu banyak fakor. Agar terus terlihat rapi, berikut beberapa penyebab rambut kusut yang perlu kamu hindari. 

Kurang Hidrasi

Tren warna rambut/Shutterstock
Tren warna rambut/Shutterstock

Rambutmu membutukan moisture atau pelembap. Bukan cuma agar terasa lembut, tetapi juga menjaga rambut tetap tertata dengan rapi. Selain itu, rambut membutuhkan hidrasi yang cukup untuk membuatnya tampak bercahaya. 

Namun, hidrasi juga dibutuhkan untuk membuat rambut tetap terlihat rapi. Karena, kekurangan hidrasi dapat menyebabkan rambut kusut. Hal ini disebabkan, rambut lapisan luar menjadi kering, sehingga terasa kasar dan terlihat rusak. Nah, kekurangan hidrasi ini juga akan memperburuk kondisi rambutmu. 

Ujung Rambut yang Mati

[Fimela] Keriting
Ilustrasi rambut keriitng | unsplash.com/@designecologist

Ujung rambut kerap kali tidak begitu diperhatikan. Padahal, ujung-ujung rambut kerap kekurangan nutrisi karena jaraknya yang cukup jauh dari akar rambut. Nah, karena tidak dirawat, ujung rambut lama-lama akan mati dan akhirnya rapuh serta bercabang. 

Jika tidak dipotong, ujung rambut yang mati juga bisa menyebabkan rambut terlihat kusut. Pasalnya, ujung yang bercabang bisa saja 'membelah' sehelai rambut hingga ke bagian tengah. 

Penyebab rambut terlihat kusut lainnya adalah tidur dengan rambut tergerai. Sarung bantal dan selimut yang terbuat dari bahan katun justru akan membuat rambut kusut. Karena, rambut cenderung menempel dan menyerap kadar hidrasinya. Karena itu, usahakanlah untuk mengepang rambut panjangmu atau menggunakan sarung bantal terbuat dari satin. Sehingga rambut tidak akan kusut pada saat kamu bangun tidur nanti. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓