Kerap Jerawatan di Dahi Bisa Jadi Disebabkan Kondisioner

Beauty Journal11 Sep 2019, 11:35 WIB
Jerawat

ringkasan

  • Menggunakan sampo dan kondisioner berbahan dasar minyak
  • Menggunakan kondisioner secara berlebihan
  • Menggunakan produk rambut berbahan alami
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Penggunaan makeup berlebihan, pemilihan skincare yang tidak sesuai, bahkan konsumsi makanan tertentu dapat menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Selain faktor-faktor tersebut, produk perawatan rambut juga memiliki peranan terhadap timbulnya jerawat. Jika kamu sering mengalami jerawat di area hairline, dahi, punggung ataupun leher, bisa jadi produk rambutmu benar merupakan penyebab dari permasalahan ini. Nah, daripada makin penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menggunakan sampo dan kondisioner berbahan dasar minyak

Bahan dasar minyak yang kerap memberi efek melembapkan mungkin menjadi solusi terbaik bagi para pemilik rambut dan kulit kepala kering, namun, sayangnya kandungan ini dapat menjadi bumerang bagi kesehatan kulit. Kandungan minyak seperti shea butter dan jojoba oil cenderung lebih sulit untuk terbilas hingga bersih, sehingga dapat meninggalkan residu pada kulit. Jika hal ini terjadi terus-menerus, residu tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memerangkap bakteri di dalamnya, sehingga pada akhirnya menyebabkan jerawat. Tidak hanya terjadi di area dahi, hal ini juga kerap terjadi di area punggung, sehingga menjadi penyebab jerawat punggung.

Kandungan kondisioner penyebab jerawat

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menggunakan Kondisioner
Banyak orang masih salah saat menggunakan kondisioner, lantas bagaimana cara yang benar? Simak di sini.

Selain kandungan berbahan dasar minyak, kandungan lainnya dalam sampo atau kondisioner pun tidak bisa dikesampingkan. Terdapat beberapa kandungan dalam produk perawatan rambut yang berpotensi menyebabkan reaksi pada kulit, di antaranya adalah:

  • Sodium Lauryl Sulfate
  • Sodium Laureth Sulfate
  • Sulpha/sulfur
  • Ammonium Lauryl Sulfate
  • Ammonium Laureth Sulfate
  • Selenium sulfide

Menggunakan kondisioner secara berlebihan

Apapun produk perawatan kecantikan yang digunakan dengan dosis berlebih, tentu dapat mengakibatkan masalah. Begitu pula halnya dengan kondisioner yang digunakan secara berlebihan. Makin banyak kondisioner yang kamu gunakan, maka akan makin banyak pula residu yang ditinggalkan dan makin besar pula kemungkinan terjadinya jerawat. Dikutip dari TeenVogue, sebaiknya hindari mengaplikasikan produk terlalu dekat dengan kulit atau beri jarak paling tidak 4 inci dari kulit.

Cara tepat mengatasi jerawat akibat kondisioner

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Melihat beberapa kandungan di poin kedua yang menjadi pemicu timbulnya jerawat, otomatis kamu ingin menghindari produk hair care dengan kandungan tersebut kan? Memang benar, cara itu bisa kamu lakukan, tapi sebelum itu coba deh untuk mengubah urutan rutinitas mandimu. Kalau biasanya membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum keramas, ubah kebiasaan tersebut dengan keramas terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk dari kondisioner yang kemungkinan bertengger di area dahi. Dengan mencuci muka setelah keramas, diharapkan kondisioner yang masih menempel baik di area dahi atau punggung dapat hilang dengan penggunaan sabun.

Menggunakan produk rambut berbahan alami

Selain mengubah rutinitas mandimu, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memilih produk perawatan rambut berbahan dasar alami. Cari produk haircare yang tidak mengandung sulfat, paraben, silikon ataupun warna tambahan yang membahayakan kulit kepala dan area wajah. Produk dengan pH seimbang juga dapat dipilih agar kulit kepala tetap terjaga kelembapannya.

Baca juga: Selain Facial Roller, Inilah Berbagai Benda yang Dapat Menjadi Penyebab Jerawat

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓