5 Tanda Kulit Terlalu Banyak Menggunakan Produk Skincare

fitriandiani16 Sep 2019, 18:30 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Kemudahan mengakses informasi sekarang ini memudahkan kita untuk memahami seluk beluk produk skincare. Ditambah lagi, banyak skincare di luar sana yang menawarkan banyak sekali varian spesifik untuk permasalahan kulit tertentu.

Di satu sisi, hal tersebut tentunya memudahkan kita untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Namun di sisi lain, kita bisa terbuai dengan ambisi kulit cantik hingga melampaui batas kecukupan, alias menggunakan terlalu banyak skincare! Nah, lho.

Sebenarnya, sampai mana batas cukup dalam penggunaan skincare? Bagaimana pula tanda yang bisa dilihat kalau kulit terlalu banyak menggunakan skincare? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Ruam dan gatal

Kulit merah, meradang dan terasa gatal adalah sinyal bahwa sesuatu yang buruk terjadi di kulitmu. Hentikan pemakaian skincare, terutama yang mengandung parfum.

Wajah terasa tertarik

Kulit Wajah
Ilustrasi kulit wajah/copyright shutterstock

Kulit kencang, in a bad way, pertanda skincare yang kamu pakai mengikis kelembapan alami yang dimiliki kulit, dan membuatnya dehidrasi. Itu bukan hal baik karena bisa memicu produksi minyak berlebih, pori-pori besar, dan kerutan. Jika kulit terasa tertarik setelah cuci muka, cari produk yang bisa menyeimbangkan pH dan mengandung surfaktan yang lembut dan alami.

Breakout

Skincare yang diaplikasikan untuk mencegah jerawat sekalipun bisa jadi boomerang jika dipakai terlalu banyak. Kulit akan kering, iritasi, hingga lebih berminyak dari sebelumnya dan malah memicu jerawat. Jadi, produk antiacne juga harus digunakan dengan bijak dalam dosis yang tepat.

Minyak berlebih

Kulit Kering
Ilustrasi kulit kering/copyright shutterstock

Sekali lagi, wajah terlalu berminyak juga tanda 'protes' dari kulitmu. Skincare yang kamu pakai mengikis kelembapan alami pada kulit hingga kelenjar produksi sebum terpacu untuk bekerja lebih keras demi menjaga kelembapan alami kulit.

Jika tanda-tanda itu terjadi, saatnya back to basic! Tinggalkan sejenak skincare berlayer-layer dan fokus untuk mengembalikan kulit ke kondisi normalnya. Cari skincare dengan kandungan air yang bersifat menenangkan dan menyeimbangkan pH kulit.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓