Tips Makeup Tahan Seharian Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Beauty Journal13 Sep 2019, 18:35 WIB
Makeup

ringkasan

  • Pilih produk dengan formula tepat
  • Kunci riasan dengan setting spray
  • Selalu sedia makeup compact untuk touch up
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mulai dari sekolah, kuliah, bekerja, menjalani bisnis, mengurus rumah tangga, hingga merawat anak, begitu banyak aktivitas yang mungkin kini sedang dijalani para perempuan, termasuk kamu. Dari deretan aktivitas tersebut, tak sedikit pula di antaranya yang mengharuskanmu menghabiskan hari di luar ruangan. Di bawah terik matahari dan padatnya kegiatan, tentu kamu ingin tetap tampil dengan riasan yang flawless seharian, bukan? Tenang, hal tersebut bukan hal yang mustahil, kok! Dengan mengikuti 5 tips jitu berikut ini, makeup dapat tahan sepanjang hari meski beraktivitas di luar ruangan!

1. Pastikan kulit dalam keadaan bersih

Tahukah kamu bahwa makeup akan menempel lebih sempurna pada saat kulit berada dalam keadaan bersih? Apabila masih terdapat residu minyak atau kotoran, aplikasi makeup pun akan terganggu, baik menggumpal atau tidak merata. Alhasil, makeupmu pun akan lebih cepat ‘rusak’. Oleh karena itu, pastikan sebelum mulai merias wajah, kamu telah membersihkan kulit dengan maksimal agar senantiasa berada dalam keadaan yang bersih.

2. Gunakan primer

Untuk mendapatkan makeup yang tahan seharian meski kamu beraktivitas di luar ruangan, penggunaan primer adalah kuncinya. Pilihlah primer yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Misalnya kamu memiliki kulit berminyak, maka perlu menggunakan mattifying primer yang memiliki kemampuan oil control untuk menjaga produksi sebum. Lain halnya jika kamu memiliki kulit kering, hydrating primer yang diperkaya kandungan melembapkan bisa jadi pilihan.

3. Pilih produk dengan formula tepat

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Meski sudah menggunakan primer andalan, tentu diperlukan juga produk makeup yang tepat agar riasan jadi makin sempurna. kamu dapat memilih produk complexion yang formulanya menyatu sempurna di kulit dan tahan lama seharian, serta nyaman digunakan sehari-hari seperti Wardah Exclusive Liquid Foundation. Tidak hanya tahan lama, foundation yang juga telah disempurnakan dengan SPF30 ini juga memiliki tekstur ringan yang mampu menyamarkan pori-pori, noda hitam, serta warna kulit tidak merata.

Untuk memastikan foundation tidak bergeser, jangan lewatkan penggunaan bedak yang mampu mengunci riasan agar tahan lebih lama. Dengan tekstur ringan, coverage tinggi, dan superfine silky particles yang dapat memberikan tampilan flawless seharian, Wardah Exclusive Two Way Cake dapat jadi pilihan tepat. Apalagi, perpaduan bedak dan foundation ini juga memiliki soft focus agent yang mampu menyamarkan pori-pori dan buat wajah lebih halus sekaligus oil absorber untuk mempertahankan tampilan matte bebas kilap. Kombinasi yang pas untuk mendapatkan complexion yang sempurna, nih!

4. Kunci riasan dengan setting spray

Makeup
Ilustrasi memakai setting spray. (Sumber foto: tindientu.com)

Jika di awal riasan primer adalah kunci untuk mendapatkan riasan yang tahan lama seharian meski beraktivitas di luar ruangan, maka setting spray adalah kunci yang juga tidak boleh terlewat di akhir riasan. Setting spray berfungsi untuk memastikan agar riasan tidak bergeser, tidtakak mudah luntur, dan juga lebih tahan lama. Tidak hanya itu saja, setting spray pun dapat membuat keseluruhan tampilan makeup lebih menyatu dan memberikan sedikit efek glowing lembut pada kulit.

5. Selalu sedia makeup compact untuk touch up

Last but not least, pastikan kamu selalu siap sedia untuk touch up kapan saja dan di mana saja. Terkadang, meski kombinasi primer, produk dengan formula yang tepat, serta setting spray sudah sempurna, ada faktor lain yang mungkin membuatmu perlu touch up. Misalnya, tidak sengaja tercoreng lipstik saat macet di jalan atau aktivitas yang terlalu berat membuat kamu sangat berkeringat.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓