Tutorial Membuat Bilasan Teh untuk Menguatkan Akar dan Batang Rambut

Karla Farhana16 Sep 2019, 13:30 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar soal bilasan santan untuk rambut? Bilasan merupakan kata lain dari conditioner yang berguna menutrisi dan melembutkan rambut. Namun, santan bukan satu-satunya bahan alami yang dapat dijadikan kondisioner. 

Karena, teh juga ternyata sudah lama digunakan orang-orang China kuno untuk merawat rambut mereka yang panjang dan tebal. Dilansir dari Naturally Curly, bilasan teh atau disebut tea rinse bukan cuma digunakan sebagai pelembut batang rambut, tetapi juga penguat akar dan batang rambut. 

Teh hijau dan hitam mampu mengurangi kerontokan, baik akibat akar yang kurang nutrisi dan lemah, atau batang rambut yang super kering sehingga kerap patah-patah. Lantas, bagaimana cara membuatnya? 

Cara Membuat Bilasan Teh untuk Rambut

Minuman yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa
Teh / Sumber: Pixabay

Dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2003, disebutkan kalau teh hijau dan hitam berkhasiat mengurangi kerontokan. Namun, bagaimana cara membuat teh untuk perawatan rambut? 

Sebenarnya, kamu hanya tinggal menyeduh atau merebus daun teh hijau atau hitam seperti biasa. Kemudan, kamu tinggal menyiram teh menggunakan gelas atau gayung ke rambut dan kepala.

Namun, harus diingat, kamu harus melakukan ini setelah keramas menggunakan sampo dan kondisioner. Jadi, setelah menggunakan bilasan teh, kamu tidak usah bilas lagi dengan air dingin. Gunakan bilasan teh seminggu sekali selaman sebulan. Semoga rambutmu tambah kuat dan rontok berkurang, ya!

Simak Video Berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓