Cara Paling Efektif untuk Mengatasi Hiperpigmentasi

Annissa Wulan17 Sep 2019, 06:30 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang sering disalahartikan akan memudar dengan sendirinya, tanpa perawatan. Beberapa jenis hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh jerawat yang hanya membutuhkan waktu beberapa lama untuk hilang, sedangkan jenis lainnya membutuhkan bahan aktif berkekuatan tinggi.

Perawatan hiperpigmentasi paling baik dilakukan oleh dermatologis dan sebaiknya disesuaikan dengan beberapa hal, seperti warna kulit. Dilansir dari newbeauty.com, Selasa (17/9/2019), berikut ini adalah beberapa cara paling efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi dari dermatologis, penasaran?

1. Meminimalisir tampilan bintik-bintik gelap

Pigmen yang terlalu gelap biasanya akan menyebabkan munculnya bintik-bintik pada kulit dan mikrodermabrasi adalah jenis perawatan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Mikrodermabrasi dilakukan dengan menghilangkan lapisan kulit paling atas di mana perubahan warna terlihat paling mencolok.

Atau kamu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat atau melakukan pengelupasan kimiawi. Semua perawatan di atas tergantung pada jenis dan kedalaman pigmen.

2. Mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari

IPL adalah jenis perawatan yang populer untuk mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. IPL adalah perawatan yang melibatkan energi berbasis cahaya yang difokuskan ke kulit dan menargetkan pembuluh darah untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

 

3. Mengatasi perubahan warna yang membandel

Jerawat/mlg
Ilustrasi Cystic acne/copyright shutterstock

Perawatan yang cenderung disarankan oleh dermatologis adalah laser fraksional. Namun, laser fraksional biasanya tidak dilakukan pada beberapa jenis hiperpigmentasi, seperti melasma.

4. Paska perawatan

Tergantung pada tingkat kerusakan, dermatologis biasanya akan memberikan resep perawatan harian. Hal yang paling penting untuk dijaga setelah perawatan hiperpigmentasi adalah menjaga kulit dari paparan sinar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya secara rutin.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓