Tips agar Wangi Parfum Lebih Awet dan Tahan Lama

Beauty Journal16 Sep 2019, 15:15 WIB
Parfum

ringkasan

  • Pastikan parfum dalam keadaan tertutup
  • Simpan dalam tempat gelap
  • Beli parfum dalam kemasan kecil
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela memiliki parfum kesayangan? Seringnya nih, tiap orang memiliki dua jenis parfum, satu yang menjadi kesayangan dan hanya digunakan pada saat spesial, satu lagi parfum yang lebih ringan seperti body mist untuk sehari-hari. Meski parfum kesayanganmu mungkin berupa eau de toilette yang memiliki harga relatif lebih mahal dan wangi lebih tahan lama, jika tidak disimpan dengan benar kualitasnya bisa berkurang, lho! Agar parfum kesayanganmu tetap awet, coba simak tips berikut, ya:

1. Pastikan parfum dalam keadaan tertutup

Saat menyemprotkan parfum dalam keadaan terburu-buru, mungkin bukan sekali dua kali kamu meninggalkan parfum terbuka tanpa tutupnya, ya? Padahal, dilansir dari Pop Sugar, aroma parfum yang berbahan dasar alkohol memiliki tingkat penguapan yang tinggi saat terekspos udara, lho. Agar parfummu tidak 'menguap', yuk, dibiasakan untuk selalu menyimpan parfum dalam keadaan tertutup.

2. Simpan dalam tempat gelap

Yes, we know that perfume bottles often comes in pretty bottles that you just want to show it. Dikemas dalam botol yang cantik, sayang kan kalau parfum hanya disimpan dalam laci? Eits, sayangnya kebiasaan ini dapat mempengaruhi kualitas parfummu. Paparan cahaya matahari dapat memecah molekul parfum dan mempengaruhi aromanya. Sebaiknya, simpan parfum kesayanganmu di dalam laci atau lemari yang jauh dari sinar matahari, terutama jika kamu cukup jarang menggunakan parfum tersebut.

3. Hindari menyimpan parfum di tempat lembap

Parfum
Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

Jatuh ke dalam kategori yang sama, yakni produk kecantikan, kerap membuat parfum disimpan berbarengan dengan produk perawatan kulit yang seringnya disimpan di kamar mandi. Namun, seperti yang mungkin sudah kamu tahu, tempat lembap rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri, karenanya hindari meletakkan parfum di tempat lembap seperti kamar mandi atau area wastafel.

Baca juga: Agar Kualitasnya Terjaga, Sebaiknya 5 Produk Kosmetik Berikut Tidak Disimpan di Kamar Mandi!

4. Simpan parfum dalam box-nya

Umumnya, parfum hadir dengan kemasan box atau dus. Jika parfum kamu datang dengan box, jangan dibuang dulu, ya, kemasannya. Untuk memastikan keamanan dan kualitas parfum tetap terjaga, kamu bisa menyimpannya kembali dalam box setelah digunakan. Selain menghindari paparan sinar matahari dan suhu panas, menyimpannya dalam box juga akan meminimalisir kemungkinan botol parfum kamu yang terbuat dari kaca pecah karena tersenggol.

5. Beli parfum dalam kemasan kecil

Parfum
Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

Dilansir dari Female Network, intensitas aroma parfum yang telah separuh kosong akan berkurang ketimbang saat kamu baru membelinya. Penyebabnya adalah karena udara dalam botol akan mengoksidasi aroma parfum di dalamnya. Jika kamu memiliki rencana untuk membeli parfum baru, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli parfum dalam ukuran yang lebih kecil, ya!

Baca juga: Misterius dan Tercium Berbeda di Tiap Orang, Berikut Pilihan Parfum Aroma Musk yang Patut Dicoba!

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓