Sudah Cukupkah Kandungan Protein Rambutmu?

fitriandiani18 Sep 2019, 10:30 WIB
Ilustrasi rambut sehat

Fimela.com, Jakarta Tiap helaian rambut memiliki kandungan protein asam amino. Agar helaian rambut selalu terjaga dengan baik, pastikan bahwa helaian rambut mendapatkan protein yang cukup, jangan sampai kurang atau lebih. Sebab, dari sanalah kesehatan dan penampilan rambut yang indah dapat terwujud.

Bagaimana cara memastikan rambutmu cukup protein?

"Tanpa protein yang cukup, rambut bisa menjadi rapuh dan lemah,” ujar Anabel Kingsley, Brand President and Consulting Trichologist dari Philip Kingsley, New York, dikutip dari Bustle. Beberapa tanda-tanda defisiensi protein bisa berupa rambut yang kusut, lemas, atau lengket.

"Kurangnya protein dapat menyebabkan rambut rontok, dan pertumbuhan helai yang lemah dan rapuh," lanjut Kingsley.

Di sisi lain, rambut juga bisa mengalami kelebihan protein meski itu kasus langka. Biasanya ini terjadi karena produk yang digunakan berprotein tinggi dan molekul proteinnya sangat besar hingga tak bisa diserap rambut, melainkan memberinya lapisan baru. Dalam kondisi ini, kelebihan protein pun bisa teratasi bila produk sudah dibersihkan dari rambut.

Cara Mencukupi Kebutuhan Protein Rambut

Rambut rapuh rontok
Rambut rapuh rontok (Foto: shutterstock.com By Auy Surasit)

Di pasaran banyak produk yang mengklaim dirinya bisa mengembalikan protein rambut, namun banyak pakar yang menyebutkan, masalah kekurangan protein rambut khususnya berkaitan erat dengan diet. Dengan kata lain, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memastikan kamu mengonsumsi cukup protein setiap hari.

Perubahan kondisi rambut juga bisa jadi indikasi penyakit serius. Jika dirasa mengkhawatirkan sebaiknya konsultasikan dengan dokter, dan sambil mengatasi urusan rambut, kunjungi juga ahli nutrisi untuk menemukan cara sehat menambah lebih banyak protein ke dalam asupan makanan sehari-hari.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓