Punya Kulit Sensitif? Simak Tips Aplikasi Makeup yang Tepat Berikut Ini

Nabila Mecadinisa18 Sep 2019, 09:00 WIB
[Fimela] Kulit

ringkasan

  • Persiapkan kulit secara optimal untuk hindari efek buruk kulit senstif sat menggunakan makeup
  • Makeup lebih aman bagi para pemilik kulit sensitif dengan cara yang optimal berikut ini
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Punya kulit sensitif tentu memiliki tantangan tersendiri. Rasanya, ingin pakai ini dan itu sangatlah penuh keraguan. Mau pakai skincare, salah kandungan bisa bikin kulit breakout. Begitu juga dalam hal makeup, merias wajah yang harusnya aman-aman saja, justru akan jadi sebaliknya bagi para pemilik kulit senstif.

Sebenarnya, para pemilik kulit sensitif tentu sah-sah saja untuk menggunakan makeup. Namun, seperti yang dilansir dari Elle.com, ternyata ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar kulit sensitif tetap aman saat kamu menggunakan makeup.

1. Persiapkan kulit sebaik mungkin

Jika sahabat Fimela memiliki kulit sensitif, kamu harus mengoptimalkan kelembapan kulit dengan baik. Disarankan untuk menyemprotkan thermal water terlebih dahulu sehingga kulit akan lebih tenang. Setelah itu, baru aplikasikan makeup. 

2. Mineral dan organik makeup tidak selalu baik

Disaat kamu berasumsi bahwa semua kandungan natural akan bekerja baik pada kulit sensitif, hal ini tentu salah. Pastikan kamu untuk melihat seluruh kandungan dalam produk tersebut. Disaat terdiri dari kandungan parfum atau bahan preservatives lainnya, maka produk tersebut sudah bisa dipastikan tak aman bagi kulitmu.

Tips makeup untuk kulit sensitif

Kulit Wajah
Ilustrasi kulit wajah/copyright shutterstock

 

3. Solid makeup akan lebih aman

Pilih formula berbentuk stick atau compact, produk tersebut biasanya tidak mengandung banyak air, di mana air adalah media yang ideal bagi para bakteri dan kuman untuk tumbuh.

4. Cermat melihat tanggal kadarluasa

Cek kembali tanggal kadarluasa produk sebelum kamu gunakan. Biasanya, ada simbol kecil yang tertera pada produk untuk menjelaskan berapa lama produk tersebut dibuka.

5. Perhatikan lateks pada sponge

Sponge memang baik untuk digunakan sebagai aplikator makeup. Namun biasanya, sponge terbuat dari material lateks yang kerap menimbulkan alergi ataupun memicu dermatitis pada kulitmu. Jadi, berhati-hatilah.

 

 

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓