Bikin Sendiri Masker Alami yang Mencerahkan Wajah

Karla Farhana18 Sep 2019, 19:30 WIB
[Fimela] Masker wajah

Fimela.com, Jakarta Bahan-bahan alami sejak lama digunakan untuk perawatan kecantikan. Seperti kunyit dan lidah buaya. Perempuan-perempuan di India sejak lama sudah menggunakan kunyit sebagai skincare alami yang dapat mencerahkan kulit. Namun, jangan sampai keliru dengan kunyit dapur yang mampu menorehkan warna kuning pada kulitmu. 

Kunyit yang digunakan perempuan India tentu berbeda jenisnya. Dilansir dari situs India Export Company, ada dua jenis kunyit yang banyak dijual di pasar-pasar Asia. Regular Turmeric — Curcuma Longa merupakan kunyit yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. 

Sementara, Wild Turmeric — Curcuma Aromatica, merupakan suatu jenis kunyit yang biasa digunakan sebagai skincare oleh perempuan India. Biasanya, kunyit jenis ini berbau seperti herb dan tidak memberikan stain pada kulit maupun pakaian.  

Tapi, kenapa harus banyak perempuan Asia menggunakan kunyit sebagai skincare? Dilansir dari Be Well, kunyit mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang membantu proses kulitmu menjadi lebih cerah. Sementara, kunyit ini sangat baik jika dipadankan dengan lidah buaya yang mengandung calming properties untuk mencegah dan menenangkan kulit yang iritasi. 

Membuat Masker Wajah dari Kunyit dan Lidah Buaya

kunyit untuk kulit
kunyit untuk kulit. (Akepong Srichaichana/Shutterstock)

Tanpa harus terbang ke India, kamu sebenarnya bisa membuat sendiri masker wajah dari kedua bahan tersebut. Kamu cuma harus menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut: 

  • 1 sdm aloe vera gel
  • 1 sdt kunyit khusus untuk kosmetik 
  • 3-5 tetes rosehip oil
  • 1/2 sdt air perasan lemon

Cara membuatnya pun sangat mudah. Sahabat Fimela cuma tinggal mencampur semua bahan hingga menjadi paste dan merata, tanpa ada gumpalan. Setelah itu, aplikasikan masker wajah alami ini pada kulit wajahmu yang sudah bersih. Aplikasikan hingga merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. 

Be Well menulis, kulitmu tidak akan menjadi cerah dengan masker ini hanya dengan satu kali pemakaian. Sebaiknya, kamu menggunakannya 1-2 kali seminggu. Selamat mencoba, ya!

Simak Video Berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓