Manfaat Lemongrass bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui

Beauty Journal20 Sep 2019, 15:35 WIB
Lemongrass

ringkasan

  • Meredakan inflamasi atau peradangan
  • Mengatasi penuaan kulit
  • Mengatasi jerawat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Lemongrass atau yang lebih dikenal dengan serai merupakan salah satu tanaman yang kaya manfaat. Selain digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan, tanaman yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis seperti India, Sri Lanka, Indonesia dan Malaysia ini juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit, terutama saat dihadirkan dalam bentuk essential oil. Mulai dari mengatasi inflamasi hingga memberi efek relaksasi, berikut berbagai manfaat baik serai yang perlu kamu ketahui.

Meredakan inflamasi atau peradangan

Masalah inflamasi atau peradangan pada kulit bisa diatasi dengan memanfaatkan esensial oil serai. Hal ini jadi kabar baik karena inflamasi yang berkepanjangan atau kronis bisa memicu kerusakan jaringan kulit serta berbagai masalah lain seperi psoriasis dan penuaan dini.

Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2014, lemongrass essential oil memiliki efek yang signifikan dalam mengatasi masalah inflamasi serta jamur. Meski penelitian ini baru dilakukan pada hewan, tetapi para peneliti memiliki keyakinan jika di masa mendatang lemongrass bisa menjadi remedi untuk mengobati inflamasi pada kulit.

Baca juga: Ingin Kulit Wajah Tampak Lebih Cerah dan Segar? Yuk, Coba 5 Rekomendasi Masker Lemon Berikut!

Memberi efek relaksasi

tips serai
Tips menggunakan serai./Copyright shutterstock.com/g/numlpphoto

Dilansir dari medicalnewstoday, lemongrass oil mampu memberikan efek relaksasi saat digunakan sebagai minyak pijat. Melalui penelitian yang diikuti oleh 29 peserta di tahun 2014, rutin mengaplikasikan minyak serai setidaknya satu kali selama 3 minggu dapat memengaruhi sistem saraf dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Dari penelitian ini diketahui lemongrass oil massage mampu menurunkan tekanan darah diastolik, tetapi tidak dengan tekanan darah sistolik.

Mengecilkan pori-pori

Tak hanya memberi efek relaksasi, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran toner karena memiliki kemampuan dalam mengurangi tumpukan minyak, memudarkan tampilan pori-pori dan memberi efek mengencangkan kulit sementara. Namun penggunaan serai sebagai toner perlu diperhatikan agar tidak memberi efek samping pada kulit. Dikutip dari Bustle, kamu bisa mencampur dengan bahan lain seperti aloe vera, atau witch hazel.

Mengatasi penuaan kulit

Tips Cantik
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock By Tom Wang

Serai diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, hal ini membuat serai menyimpan banyak manfaat bagi kulit seperti mengatasi inflamasi, meredakan kemerahan akibat paparan sinar matahari, sekaligus dapat digunakan untuk pengobatan topikal dalam menyembuhkan luka.

Selain itu, tingginya antioksidan juga membuat serai efektif dalam mencegah penuaan dini pada kulit. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2015 menunjukkan tanaman serai memiliki kadar antioksidan tinggi sehingga bahan alami ini efektif dalam mengatasi efek buruk radikal bebas pada kulit.

Mengatasi Jerawat

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock by Makistock

Serai bersifat anti-jamur dan anti-bakteri berkat kandungan Citral yang terdapat pada bagian daun. Senyawa ini memiliki peran untuk mencegah peradangan akibat jamur dan bakteri. Hal ini pula yang membuat serai disebut mampu mengatasi masalah jerawat serta ruam kulit.

Selain itu melalui sebuah penelitian dengan teknik in virto yang dilakukan tahun 2014 menunjukkan bagaimana lemongrass essential oil mampu mengatasi jamur, bahkan jenis spesifik, seperti Candida albicans yang jadi pemicu masalah sariawan.

***

Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian, serai memang memiliki manfaat baik. Namun, kamu juga perlu bijak dalam menggunakannya. Serai dalam bentuk essensial oil sebaiknya tidak digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif atau diaplikasikan pada kulit yang sedang luka. Sebelum menggunakan lemongrass oil pastikan untuk melakukan patch test di area leher, dan diamkan selama 14 jam. Jika tidak ada reaksi pada kulit maka kamu bisa menggunakan kandungan ini di area lain. Selain itu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli jika ingin melakukan perawatan kulit DIY untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓