Tips Menguatkan Skin Barrier Menurut Pakar

Beauty Journal23 Sep 2019, 13:15 WIB
Cantik

ringkasan

  • Kembali pada rutinitas skincare dasar
  • Menggunakan produk dengan kandungan yang tepat
  • Meningkatkan proteksi pada kulit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Skin barrier memang tidak terlihat, namun bukan berarti tak perlu dijaga. Sebagai pelindung kulit dari berbagai macam faktor perusak, skin barrier perlu diperkuat, baik dengan mengaplikasikan produk topikal ataupun dengan asupan gizi yang baik. Jika kamu masih belum familiar dengan istilah skin barrier, kamu bisa membaca serba-serbinya di artikel Beauty Journal. Setelah mengetahui pentingnya memiliki skin barrier yang sehat, saatnya melakukan beberapa cara memperkuat skin barrier menurut pakarnya. Penasaran? Scroll on, Sahabat Fimela!

Kembali pada rutinitas skincare dasar

Menurut dr. Samantha Bunting seperti yang dilansir melalui Get the Gloss, skincare yang rumit dapat berisiko merusak skin barrier. Mengurangi eksperimen dengan skin care yang tidak kamu pahami kandungannya dapat sangat membantu kulitmu. Beliau menyarankan untuk menghentikan pemakaian produk yang mengandung astringent seperti alkohol. Penggunaan eksfoliator fisik dalam bentuk scrub juga sangat tidak dianjurkan. Proses menggosok yang dilakukan saat memakai eksfoliator dalam bentuk scrub dapat mengikis skin barrier kamu, sehingga kulit jadi lebih rentan terhadap iritasi.

Menggunakan produk dengan kandungan yang tepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan aktif yang tepat akan meningkatkan ketahanan skin barrier kamu dari berbagai stressor. Hal ini dikonfirmasi oleh dr. Elizabeth Tanzi, dermatolog asal Universitas George Washington saat diwawancara oleh media daring Shape. Ia menjelaskan bahwa kulit yang rentan terhadap iritasi dan kemerahan membutuhkan produk dengan kandungan seperti ceramide dan niacinamide. Ceramide adalah salah satu kandungan alami di kulit dan ada di lapisan atas skin barrier, sementara niacinamide dapat meningkatkan produksi ceramide dan kolagen. Selain kedua kandungan tersebut, hyaluronic acid juga baik untuk kulit karena dapat mengikat kelembapan.

Meningkatkan proteksi pada kulit

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Menjaga skin barrier bukan sekadar memperkuatnya, kamu juga membutuhkan kandungan yang mampu meminimalisir stressor pada kulit. Lindungi kulit kamu dari radikal bebas dengan menggunakan antioksidan. Sarah Brown, pendiri Pai Skincare, menuturkan pada Get the Gloss bahwa vitamin E adalah salah satu kandungan yang bisa kamu cari. Hal tersebut juga disetujui oleh dr. Murad. Ia menyatakan bahwa antioksidan adalah kandungan yang penting untuk diaplikasikan ke kulit karena mereka biasanya juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. Sebut saja beberapa zat seperti vitamin A, C, E, atau ekstrak green tea.

Lalu sebagai pelindung terakhir, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen tanpa terkecuali. Pasalnya, sinar UV adalah salah satu stressor terbesar yang dapat mengganggu ketahanan skin barrier kamu. Maka cara terbaik adalah dengan menggunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup setiap hari dan mengaplikasikannya ulang, sesuai dengan aturan menggunakan sunscreen.

Baca juga: Malas Menggunakan Sunscreen? Ini Dampak Buruk yang Bisa Terjadi pada Kulit

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓